Cara Membuat Rumah Nyaman Listrik Aman untuk Generasi Muda

cara membuat rumah nyaman listrik aman

Asiknya generasi muda jaman now sudah melek untuk memiliki rumah sendiri. Hal ini memungkinkan terjadi, karena pemikiran memiliki hunian tak hanya sekadar untuk dijadikan tempat tinggal saja, tetapi juga bisa sebagai investasi masa depan. 

Saat rumah dijadikan sebagai hunian, maka terpikir perencanaan untuk dekorasinya yang seperti apa, terbayang pula akan dibuat dengan tipe rumah yang bagaimana, interiornya akan diisi dengan material rumah apa, eksteriornya akan ditata bagaimana. Sedangkan, ketika rumah akan digunakan sebagai investasi, maka yang dipikirkan adalah fasilitas apa yang dimiliki, berapa nilai jualnya, lokasinya apakah rawan banjir dan bahaya kriminilitas, serta desainnya.

cara membuat rumah nyaman listrik aman
ilustrasi dari freepik

Kalau kita pikirkan, pertimbangan di atas adalah menjadi fungsi rumah sebagai apa. Bila pun ada pertanyaan hal yang memungkinkan adalah, “Berapa daya listrik di rumah tersebut?” 

Namun, pernahkah terlintas bagaimana prosedur kelistrikan di rumah yang nantinya akan kita tempati? Apakah pemasangan produk seperti saklar, stop kontak, dan sekring, aman penataannya? 

Mengapa Penting Memerhatikan Kelistrikan di Rumah?

Beruntung saya dapat hadir di acara Innovation Talk yang bertajuk: “Rumah Nyaman Listrik Aman”, yang ternyata dibahas mengapa penting untuk kita memerhatikan kelistrikan di rumah, karena berdasarkan data dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, disampaikan oleh Bapak M. Farhan Lucky, Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia saat presentasi acara, bahwa hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada tahun 2023 terjadi di bangunan perumahan.

cara membuat rumah nyaman listrik aman yang simple

Bapak M. Farhan Lucky, Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia

“Dengan lebih dari 50%-nya disebabkan oleh masalah kelistrikan. Maka penting untuk memastikan instalasi kelistrikan di rumah sudah dilengkapi proteksi andal sebagai upaya pencegahan risiko kebakaran dan kecelakaan.” Terang Bapak Farhan lebih lanjut. 

Selain itu, kalau diingat-ingat pula, sebenarnya gaya hidup kita itu tak lepas dari listrik, seperti untuk cas ponsel, menyalakan lampu, menyalakan tivi/setrikaan, memasak, dan sebagainya. Oleh karena itu faktor keamanan dari gaya hidup yang serba listrik perlu diperhatikan. 

Mana yang Lebih Penting: Fungsi Rumah atau Estetikanya?

“Kami melihat di masa kini, setiap individu memiliki perspektif dan kebutuhan yang unik. Rumah tidak hanya sekadar tempat tinggal, tetapi juga ruang untuk berkarya, memulai usaha, dan menjadi tempat berbagi serta menyimpan kenangan.” Jelas Ibu Ranu Scarvia RF, M.Sn, HDII, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, pada kesempatan yang sama. 

Kalau melihat tren untuk beberapa tahun ke depan, setidaknya mengarah pada personalisasi yang fokusnya menggunakan material berkelanjutan, smart home atau teknologi pintar, dan elemen desain yang tak hanya mencerminkan estetikanya tetapi juga fungsional penuh makna.  

cara membuat rumah nyaman listrik aman yang mudah
Ibu Ranu Scarvia RF, M.Sn, HDII, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta

“Tentunya pemilihan material, furniture dan lighting ruangan juga perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan, sehingga tidak hanya indah tetapi juga aman,” tambah Ibu Ranu. 

Kalau seperti itu, jadi timbul pertanyaan lagi, mana yang lebih penting estetika pada rumah atau fungsionalnya? Atau malah bisa keduanya diselaraskan?

“Berbicara tentang hunian atau rumah tinggal, jadinya secara fungsi dan estetika sama-sama penting. Bila tidak estetik, maka rumah tidak menarik sehingga mungkin juga akan membuat penghuninya tidak nyaman. Namun secara keamanan juga nomor satu.” Jelas Ibu Ranu.

Cara menyeimbangkan estetika dan keamanan rumah, bisa dengan pertimbangan mengecek kelistrikan dalam rumah apakah mudah dijangkau anak-anak (semisal sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil), berapa orang yang tinggal dalam rumah, rumahnya digunakan untuk apa, dan apakah rumah yang di bangun tersebut berada di daerah rawan banjir. (Anjuran minimal 90cm pemasangan sakelar di atas lantai).

Cara membuat nyaman di rumah dengan listrik aman

Tips Membuat Rumah Nyaman Listrik Aman

Jadi makin mengena nih, bahwa fungsional rumah dengan estetika bisa dipadukan, terlebih dengan mengutamakan pula faktor keamanannya. Berikut tips membuat rumah nyaman dan aman dari bahaya kelistrikan untuk generasi muda sebagai berikut:

1. Pahami Dasar-dasar Sistem Listrik

Sebelum akan melakukan perbaikan, modifikasi, atau membeli rumah, penting untuk memahami dasar-dasar sistem listrik. Kenali komponen-komponen penting seperti panel listrik, sakelar, dan stop kontak untuk terhindar dari risiko mengatur ruang berulang.

2. Edukasi Diri dan Keluarga

Edukasi diri dan keluarga, terutama yang masih muda, guna memahami dasar-dasar keselamatan listrik. Ajarkan mereka bagaimana menggunakan peralatan yang berkaitan dengan listrik secara benar, berikut tanda-tanda bahaya yang harus diperhatikan, sehingga dapat mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan. 

3. Cek Sistem Listrik Secara Rutin

Lakukan pemeriksaan rutin sistem listrik di rumah. Bila kurang memahami, bisa meminta bantuan profesional yang tepat untuk memeriksa instalasi listrik dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

4. Gunakan Produk Kelistrikan yang Bermutu

Pastikan menggunakan produk kelistrikan yang berkualitas dan terjamin keasliannya, misalnya ketika menggunakan saklar yang tepat, karena dapat menjadi investasi penting yang dapat memutus aliran listrik secara otomatis saat terdeteksi adanya kebocoran arus, sehingga diri dan keluarga dapat terlindungi dari bahaya listrik. 

5. Cari Inspirasi tentang Rumah Nyaman Listrik Aman

Belajar dari siapa saja dapat memberikan inspirasi untuk dicontoh. Seperti inspirasi yang bisa kita dapatkan dari pasangan public figure Nana Mirdad dan Andrew White, yang turut hadir sebagai narasumber di acara Innovation Talk ini. 

inspirasi rumah nyaman Nana Mirdad Andrew White

Concern pertama kita ketika bangun rumah yaitu safety, terlebih kita memiliki anak-anak. Kita bangun rumah ini karena kita akan tinggal di sini, cocok dengan personalisasi diri dan nyaman untuk kita.” Terang Nana Mirdad. 

Lebih lanjut Nana Mirdad menjelaskan bahwa sangat memperhatikan setiap detail interior hingga penempatan sakelar, karena ingin semuanya selaras dengan konsep desain keluarganya. 

apa itu saklar avataron dari schneider electric

“Beruntung ada inovasi sakelar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan tahan lama sehingga lebih estetik. Cover sakelarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita inginkan. Memungkinkan kami berkreasi tanpa batas,” Andrew White menambahi. 

Saat Andrew White dan Nana Mirdad menerangkan tentang sakelar yang dimaksud, saya pun kepincut seperti apa penampakannya yang tak dinyana sakelar yang bernama AvatarOn dari Schneider Electric tersebut bisa kustom, mau dipasang gambar keluarga, atau diri kita, atau apapun sesuai dengan personalisasi dengan diri kita. 

Mengenal Lebih Dekat Schneider Electric

Lebih dari 50 tahun, semenjak tahun 1973, Schneider Electric telah menemani dan mendukung kebutuhan produk dan solusi kelistrikan di Indonesia baik industrial maupun perumahan. 

apa itu saklar avataron dari schneider electric

Bila secara global, sudah eksis selama 188 tahun, loh! Sehingga wajar bila Schneider Electric dapat diandalkan, terlebih punya sertifikat IEC (International Electrotechnical Commission atau Komisi Elektroteknik Internasional) serta SNI (Standar Nasional Indonesia). 

Schneider hadir dengan tagline Life Is On artinya memiliki tujuan yang berdampak baik untuk semua orang dengan pemberdayaan dan pemanfaatan energi serta menjembatani kemajuan yang keberlanjutan. Berikut produk-produk dari Schneider Electric yang bisa mendukung hunian yang indah sekaligus memperhatikan aspek keamanan, yaitu:

1. Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB bermanfaat untuk mencegah korsleting, dan mendeteksi beban listrik berlebih di rumah kita.

2. Surge Protective Device (SPD)

SPD memiliki manfaat sebagai anti petir maupun antisipasi lonjakan daya listrik.

harga produk kelistrikan schneider electric

3. Residual Current Circuit Breaker (RCCB)

RCCB memiliki manfaat dalam mendeteksi arus bocor di rumah. Pendeteksian ini diperlukan, khususnya untuk bagian rumah yang basah misalnya kamar mandi dan dapur.

4. Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection (RCBO)

RCBO merupakan gabungan antara MCB dan RCCB, yang bermanfaat untuk proteksi dari beban listrik berlebih, anti korsleting, dan anti setrum.

5. AvatarOn

AvatarOn merupakan produk inovatif yang mendukung pemilik rumah, untuk bisa membuat personalisasi desain interior rumahnya sendiri karena stylish, memiliki pilihan warnanya variatif seperti White, Dark Grey, Wine Gold, dan Wood. Apalagi didukung pula dengan teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang dapat meminimalisir risiko percikan api, serta pencahayaan LED yang soft, berguna sebagai locator ketika gelap. Serta mudah pula dibongkar dan pasang misalnya ketika mengganti cover-nya.

harga produk kelistrikan schneider electric

6. EV Charger Solution

Produk apik dari Schneider Electric ini terdiri dari dua pilihan, yaitu EVlink Pro AC yang bermanfaat untuk kita yang memiliki kendaraan listrik, dan Schneider Charge sebagai solusi pengisian daya kendaraan listrik yang fast charging dan mudah untuk aksesnya secara real time karena terhubung dengan aplikasi smart control – Monta App.

Baca Juga: Cara Membuat Suasana Rumah Nyaman untuk Introvert

Konklusi

Mungkin ketika kita membeli rumah, penawarannya itu biasanya tentang estetikanya (desain rumahnya, interiornya, kenyamanannya), fasilitas, dan keamanannya apakah rawan kriminalitas dan ancaman banjir. Hanya saja memungkinkan belum atau tidak dibahasnya, tentang keamanan kelistrikan yang digunakan. 

Kampanye #RumahNyamanListrikAman, Schneider Electric memberikan edukasi penting agar kita bisa mengenali perangkat kelistrikan. Terlebih, dalam Innovation Talk dibahas pula mengenai cara antisipasi bahaya kelistrikan yaitu dengan memakai produk yang tepat seperti dari Schneider Electric, memastikan membeli produk Schneider Electric yang asli di toko dan distributor yang resmi ditunjuk Schneider Electric, serta lakukan pengecekan kelistrikan secara berkala maksimal dilakukan 3 bulan sekali. 

harga produk kelistrikan schneider electric

“Lebih sering, lebih bagus, karena kita tidak tahu pemakaian listrik kita setiap harinya. Memungkinkan hari ini berlebih, besok kurang, jadi harus dicek dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang.” Ungkap Bapak M. Farhan Lucky, Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Hunian Idaman untuk Generasi Muda

Generasi muda bisa memiliki hunian idaman yang tak hanya apik dalam fasilitasnya, ramah bujetnya untuk dimiliki, cantik desain interior dan eksteriornya, tetapi juga terciptanya rasa nyaman di rumah karena memahami keamanan listrik dan perangkatnya dengan baik. Yuk, jadikan #RumahNyamanListrikAman.

84 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Guritno Adi mengatakan…
Wow gak main-main, udah 50 tahun lebih Schneider menemani masyarakat Indonesia dan kini makin terlihat kontribusinya dengan edukasi tentang listrik yang aman dan nyaman. Salut deh buat Schneider.
Komen Blog fennibungsu.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku ada plan untuk nambah daya listrik di rumah sih. 2200 gabakal cukup. Kalo nanti jadi buat kamar tambahan utk si bungsu dan pasang AC. Jd harus nambah. Jd pengen cek2 produk Schneider ini utk masalah kelistrikan nya nanti. Aku juga kalo masalah begini ga mau sembarangan mba. Asal pasang atau beli, resikonya korslet dan kebakaran.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah iya biasanya rumah mengedepankan estetika sementara untuk safety nomor ke sekian...Edukasi seperti ini menjadi pengingat bagi semua bahwa keamanan terutama terkait kelistrikan penting adanya. Sehingga rumah nyaman listrikpun aman
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Emang bener loh. Rumah tuh instalasi listriknya WAJIB sangat diperhatikan. Apalagi kalau masih punya anak-anak di usia tumbuh kembang yang pergerakannyaaktif luar biasa. Rumah pun akan lebih terlihat estetik dan rapi kalau jaringan listriknya diatur dan ditata dengan baik. Indah, nyaman, dan aman sekaligus.
Komen Blog fennibungsu.com
Akarui Cha mengatakan…
Iya lho Kak. Misalnya setiap menemukaniklan tawaran rumah yang sudah jadi itu, hal pertama yang dijual adalah estetikanya, interiornya, fasadnya, dan baru ngeuh kalau kelistrikannya juga harus dipertimbangkan dengan matang sebab menyangkut keamanan. Kalau bisa dikolaborasikan, kenapa nggak kan ya? 😊
Komen Blog fennibungsu.com
Apabedanyacom mengatakan…
Keren ya produk-produknya Schneider Electric ini. Penting banget emang buat milih MCB yang bagus kaya punya Schneider , biar gak korslet, sering banget terjadi perumahan Indonesia
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Estetika dan keamanan sekarang jadi prioritas ya?
Enggak asal pasang listrik kaya dulu
Dan setuju , penting banget mengutamakan keamanan
agar tak menyesal kemudian
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Bilqis mengatakan…
Ternyata rumahku juga menggunakan MCB Schneider, pantesan waktu itu pernah saat menggunakan alat elektronik secara bersamaan langsung jepret. Pernah juga saat nyalain lampu jepret, karena sakelarnya rusak, jadi pas di ganti sakelar baru gak jepret lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Inovasi Schneider Electric beneran keren...Ada sakelar AvatarOn dengan desai frameless yang lebih awet, unik dan cantik sehingga membuat rumah lebih estetik
Komen Blog fennibungsu.com
Indrifairy mengatakan…
Udah gak salah pilih kalo urusan listrik pasti Schneider dan aku paling suka sama saklar Avatar ON nya yang estetik plus bisa kustom foto
Komen Blog fennibungsu.com
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Masalah kelistrikan memang krusial banget, apalagi diperkotaan yang notabene rumahnya berhimpitan satu sama lain, pemilik rumah harus pintar-pintar menyatukan aspek estetika, kenyamanan, dan keamanan untuk menciptakan rumah nyaman listrik aman.
Komen Blog fennibungsu.com
Gita Siwi mengatakan…
Iya lho instalasi listrik itu bukan hanya masalah colokan and kabel ya karena berkaitan juga dengan estetika, kenyamanan dan keamanan penghuni apalagi karena kita tinggal untuk selamanya. Terima kasih info tipsnya kak
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Pernah tahu ada rumah bagus kebakaran karena konsleting listrik. Kalau dipikir-pikir, penataan soal listrik sebelum membangun rumah emang penting banget ya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Aminudin Aszad mengatakan…
Bagus inu buat ditiru remaja jaman now. Tapi itu tergantung orangnya sih, kadang orang malas buat ngelakuin kaya gituan, hehehe

Newsartstory
Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
Generasi muda saat ini memang kayaknya lebih detil. Lebih suka sentuhan personal dalam hal apapun. Termasuk ketika mendesain hunian. Listriknya pun dipikirin banget dari mulai keamanan hingga estetikanya
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Instalasi listrik sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hunian yang ideal, semakin sempurna jika dilengkapi dengan perangkat listrik yang terpasang berfungsi baik dan optimal sehingga tidak mendatangkan bahaya
Komen Blog fennibungsu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Iyaa Kak. Kalo pindah rumah yg wajib dilihat adalah instalasi listriknya. Jangan sampai ada kabel yg udh terkelupas, kudu cepet diganti. Saklarnya juga wajib diperhatikan apa masih layak pakai?
Saklar Schneider bagus ya ada banyak pilihan warna.
Komen Blog fennibungsu.com
Rosanna Simanjuntak mengatakan…
Sesuai dengan tagline perusahaan yang mengandung kata kunci inovasi, jujurly aku salut sama perusahaan ini yang menggaet media termasuk blogger untuk menggalakkan kampanye Rumah Nyaman Listrik Aman, mengajak para pemilik dan calon pemilik rumah untuk mendefinisikan ulang konsep ‘rumah ideal’.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Masalah kelistrikan di rumah memang harus maksimal, termasuk peralatannya ya. Saya pun begitu, memilih yang sekalian bagus, selain tahan lama, juga awet, dan mencegah kebakaran. Dan ini keren sekali ya, karena desainnya sangat menawan. Jadi menambah estetika di dalam rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Kadang kita perempuan suka abai ya , padahal krusial masalah listrik ya, jadi mau ganti juga nih buat d rumah dengan merk schneider naksir banget sama avataron
Komen Blog fennibungsu.com
Hastin Pratiwi mengatakan…
Ya ampunn... kok lucu sih kover sakelarnya bisa di-custom sesuai keinginan kita? Benar-benar produk Schneider ini terdepan, ya ....
Pastinya juga aman yang utama, bukan sekadar mengedepankan keindahan semata.
Komen Blog fennibungsu.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Keren banget ya acara Innovation Talk ini! Bikin kita sadar kalau keamanan kelistrikan di rumah tuh gak bisa dianggap remeh. Kadang kita terlalu fokus sama estetika dan kenyamanan, tapi lupa kalau listrik yang aman itu fondasi utama. Apalagi faktanya, 50% kebakaran perumahan gara-gara masalah kelistrikan. Schneider Electric kayaknya emang solusi jitu nih buat ngejaga rumah tetap aman tanpa mengorbankan desain yang kece. Saklar AvatarOn-nya juga bisa dipersonalisasi? Udah aman, bisa custom pula! Ga sabar buat coba nih!
Komen Blog fennibungsu.com
Ika Puspita mengatakan…
Dulu suami hanya pasang listrik dengan daya 1300 watt untuk kebutuhan rumah, trus sekarang bikin toko di sebelah rumah, akhirnya tambah daya lagi karena kalau pake listrik rumah nggak cukup. bagaimanapun juga, rumah harus nyaman buat semua penghuninya ya mba
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kalau bisa menyelaraskan antara estetika dan fungsionalnya akan lebih baik. Selain itu, memastikan kelistrikan di rumah tinggal selalu aman juga tidak kalah penting. Terlebih saat sudah ada anak di rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
pastinya menjadi hal yang utama agar rumah tidak hanya nyaman tapi juga aman, dan masalah listrik ini memang harus diutamakan termasuk pemilihan produk listrik yang terpercaya sejak dulu
Komen Blog fennibungsu.com
mas Dirman mengatakan…
Bener banget, bahkan karena saya punya pengalaman kontrak rumah beberapa lama, jadi kadang suka melihat tatanan instalasi yang kurang diperhatikan, padahal ini seperti bom waktu yang membahayakan bagi siapa saja yang menghuninya.

Apalagi kalau buat rumah hunian sendiri, sebisa mungkin memang diperhatikan sejak dari awal untuk instalasi kelistrikan agar aman dan terus membuat nyaman dalam jangka panjang.
Komen Blog fennibungsu.com
Naqiyyah Syam mengatakan…
Perlu banget edukasi ini mengenai listrik karena banyak kejadian kebakaran karena konsleting listrik, semoga dapat menyebar merata info mengenai listrik ini
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
Dari muda harus melek investasi termasuk untuk punya rumahs endiri ya, bagus juag edukasi mengenai keamanan kelistrikan di rumah dari Schineder ini jadi kita bisa terhindar dari risiko korslyetin, kesetrum maupun kebakaran. Apalagi ada sakleras Avatari On yg bis aserasi dengan desain rumah juga ya
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
Nyaman banget punya rumah estetik tapi kalau gak aman malah gak nyaman ya tinggalnya. Aku penasaran sama Sakelar Avatar On nya nih mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Apabedanyacom mengatakan…
Keren ya produk-produknya Schneider Electric ini. Penting banget emang buat milih MCB yang bagus kaya punya Schneider , biar gak korslet, sering banget terjadi perumahan Indonesia
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Pulang dari acara dah fix pilih Schneider agar rumah kita gak hanya estetik tapi juga aman dan nyaman dari bahaya kelistrikan, bikin life is on
Komen Blog fennibungsu.com
Adinda Tami mengatakan…
Senangnya saat keamanan bisa dipadukan dengan kesan estetis. Bagaimana pun keduanya adalah faktor penting yang sulit untuk dipilih salah satu saja.
Komen Blog fennibungsu.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Auto fokus ke saklarnya doong, soalnya saklar itu pasti sering klak klik terusa seharian, jadi harus yg bagus biar awet
Komen Blog fennibungsu.com
Wahyu Suwarsi mengatakan…
Bagi saya perkara listrik itu nomor satu, karena berhubungan dengan masalah keamanan. Banyak kasus kebakaran yg terjadi karena korsleting listrik. Edukasi ini sangat bermanfaat agar kita lebih berhati-hati terutama dalam pemasangan instalasi listrik.
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
Aku tertarik dnegan sakelar Avatar On nya mnak ini bisa senada dengan desain rumah juga ya, keren banget Schineder gak cuma memperhatikan keamanan tapi juga tampilan
Komen Blog fennibungsu.com
hiqudsstory mengatakan…
Nah ini..generasi muda sekarang udah banyak yang melek tuk punya rumah.sendiri.dan mereka juga ngga cuma mentingin estetis aja tapi juga segi kenyamanan dan keamanan apalagi terkait instalasi listrik.
Komen Blog fennibungsu.com
Ade UFi mengatakan…
Jadi memang butuh melej ya anak mudah kan keliatrikan secara 50% kebakaran terjadi krn korsleting liatrik. Serem banget kan.
Komen Blog fennibungsu.com
duniaeni.com mengatakan…
generasi muda harus tahu, jangan kayak aku baru tahu kalau sekarang ada RCBO yang bisa lebih aman dari MCB ya. Biasa yang lumrah itu MCB,ternyata ada yang lebih canggih
Komen Blog fennibungsu.com
Rosanna Simanjuntak mengatakan…
Takjub sama Schneider Electric, brand global ternama untuk produk-produk kelistrikan, lewat kampanye “Rumah Nyaman, Listrik Aman” yang ingin mengajak para pemilik dan calon pemilik rumah bagaimana menyatukan aspek estetika, keamanan, dan kenyamanan dari sebuah hunian!
Komen Blog fennibungsu.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Saya pernah mengalami korsleting kecil di rumah. Untungnya, saya langsung mematikan MCB dan menghubungi teknisi. Dari kejadian itu, saya jadi lebih aware akan pentingnya menjaga instalasi listrik. Harus benar pemasangannya dan alatnya juga harus berkualitas, kudu diserahkan pada yang ahli
Komen Blog fennibungsu.com
Alfida Husna mengatakan…
Memiliki rumah yang nyaman dan estetik impian semua orang ya, termasuk aku juga, hehe. Tapi, harus diperhatikan juga keamanannya ya. Apalagi sekarang rumah juga bisa dijadikan membuat konten, usaha, jadi harus aman dari penggunaan listrik. Harus pahami dulu dasar-dasar listrik. Apalagi kalau punya anak kecil di rumah, keamanan listriknya harus lebih diperhatikan.
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Rumah yang aku huni sekarang rumah lama nih, hampir 40 tahun nih. Jadi kepikir cek ulang instalasi seluruh rumah, kan kabel-kabelnya udah jadul banget. Entah digigit tikus atau udah usang, kan rawan korslet. Jadi pengen tahu Schneider tuh produknya apa aja ya, supaya listrik aman?
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Hal sepele tapi kadang malah disepelekan org. Urusan listrik ini emg ga bs dianggap enteng sih. Ini kan udh jd kebutuhan sehari2. Kalo ga ada listrik, ya urusan rumah bakal berantakan tuh.

Nah, kalo kita nggak ngerti urusan listrik, kalo tiba2 korslet, malah kita sendiri tuh yg kena bahaya. Mknya kalo bangun rumah, jgn dilihat estetiknya aja ya. Tp fungsinya hrs dipastikan berjalan secara benar dan aman. Biar ga ada kasus korsleting hingga memicu kebakaran rumah lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Luluk Sobari mengatakan…
Memang banyak kasus kebakaran di berbagai tempat dikarenakan adanya korsleting listrik. Karena itu penting untuk memperhatikan kelistrikan rumah, biar aman dan nyaman. Jadi jangan hanya memperhatikan estetika saja.
Komen Blog fennibungsu.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Nah, iya, kalau bikin rumah itu jangan hanya mengedepankan estetika aja, tapi juga harus memerhatikan keamanan instalasi listriknya. Terutama untuk keluarga muda yang punya anak kecil, keamanannya harus diperhatikan, ya ...
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Betul banget nih instalasi listrik yang aman untuk rumah tinggal itu penting banget. Beberapa waktu lalu rumah di salah satu perumahan di Sidoarjo ada yang habis terbakar karena konslet
Komen Blog fennibungsu.com
Bayu Fitri mengatakan…
Penting banget ya memeriksa instalsai kelistrikan dalam rumah supaya tidak terjadi gangguan kelistrikan
Komen Blog fennibungsu.com
Meilia Wuryantati mengatakan…
Memiliki hunian emang bukan hanya buat tempat tinggal saja yah kak, tapi juga buat investasi masa depan, penting banget ini masalah kelistrikan untuk dirumah, mesti paham banget nih, duh jadi inget pernah kejadian korsleting listrik karena emang gak paham Maslah listriknya ini. Aku tertarik sama Sakral Avatar On nya nih kak
Komen Blog fennibungsu.com
Diaz Bela mengatakan…
Wah ini sih salah satu part adulting yang dimana aku harus belajar lebih banyak lagi: perlistrikan! Kenapa, karena semua gadget di rumah nggak lepas dari penggunaan listrik, jadi sedikit banyaknya harus mengetahui bagaimana keamanan dan cara penggunaan listrik yang baik dan benar
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Keren yaak mbaa, aku jadi pengen ikutan dateng untuk lihat langsung hehe.. Schenider ngadain cuma di sana kah? wkwkwk siapa tahu kami2 yang di Malang juga bisa ikutan >.<
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Nah bener banget. Sering banget dengar kalau sumber kebakaran itu asalnya dari listrik. Kelalaian bukan hanya dari manusia tapi instalasi listrik yang tidak aman dan terinstalasi dengan baik.
Komen Blog fennibungsu.com
Guritno Adi mengatakan…
Wah jadi inget nih udah lama banget ga cek sistem kelistrikan di rumah. Apa perlu harus ganti ke produk-produk dari Schneider Electric yang sudah pasti jelas kualitasnya ya....
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Setuju dengan Andrew White dan Nana Mirdad...soal rumah safety nomor saty. Lalu agar tetap estetik pakai sakelar yang unik dari AvatarOn yang aman dan bisa dipersonalisasi sesuai keinginan, bakal makin cantik deh hunian
Komen Blog fennibungsu.com
Senang ya jadi banyak info soal instalasi listrik
Bahkan bisa tahu bahayanya kalau abai dan acuh sehingga bisa merugikan diri sendiri dan orang lain
Aku suka sakelar-nya
Unik dan bener bener bikin rumah estetik
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Keren nih edukasinya
Selama ini kelistrikan di rumah tangga maupun area publik merupakan keniscayaan
Sayang sosialisasinya kurang banget
Komen Blog fennibungsu.com
Iis Santi Wirastuti mengatakan…
Sistem kelistrikan menjadi bagian penting dari sebuah rumah tinggal ya. Kalau bisa semua dipadukan antara keamanan, kenyamanan dan estetika tentu menjadi idaman semua orang.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Sejak kendaraan listrik semakin banyak, listrik di rumah juga kudu kuat dan aman. Bersama Schneider, ilmu mengenai kelistrikan diperdalam lagi.
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
bangun rumah gak bisa sembarangan. butuh banyak yg mesti dipikirin. termasuk soal perlistrikan. setuju bgt.
Komen Blog fennibungsu.com
Deeva Collection mengatakan…
Satu hal yang selalu kami cek rutin di rumah adalah kondisi kabel. Larena kabel juga memiliki masa pakai, sehjnggaharus dicek agar installasj kelistrikan dipastikan keamanannya
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Listrik aman itu penting banget lho, biar hidup kita nyaman dan jauh dari hal-hal tak terduga tentang kelistrikan.

Acara gini jadi mengingatkan kita, bahwa perlatan listrik itu harus benar-benar tepat dan aman. Enggak boleh ada kesalahan sedikitpun.

Produk Schneider ini memang bagus sih. Di tempat saya kerja peralatan listriknya juga banyak yang dari merk ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Susi Susindra mengatakan…
Bagian rumah yang bisa lebih dieksplor ternyata.... bisa jadi hiasan tembok dan bisa untuk tempat foto di rumah.
Kalau saklarnya konvensional kan ga asyik. Dulu area bikin foto bersama produk saya keihatan saklarnya dan saya edit pakai Snapsheet. Fungsi lain dari produk kelistrikan yang membuat listrik selalu aman
Komen Blog fennibungsu.com
Dewi Rieka mengatakan…
Produk Schneider nggak main-main ya berkualitas tinggi dan juga indah dipandang kayak AvatarOn
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Schneider ini brand yang udah terkenal banget di bidang kelistrikan. Aku tahunya tu MCB. Bagus banget, materialnya juga ok.
Event ini jadi mengingatkanku mengenai pentingnya pengecekan berkala pada kondisi instalasi listrik di rumah supaya aman dari bencana seperti kesetrum maupun amit2 kebakaran ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Ngomongin soal rumah atau hunian memang bukan hanya soal estetik saja sih. Ada faktor yang lebih penting yaitu keamanan, khususnya kelistrikan. Pilih peralatan listrik dari brand yang emang sudah terjamin kualitasnya, kayak Schneider misalnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Keke Naima mengatakan…
Padahal harusnya safety first yan, Mbak. Rumah estetik kalau gak safety bakalan ngeri juga. Pokoknya listrik harus dipastikan aman
Komen Blog fennibungsu.com
catatansiemak mengatakan…
rumah itu apalagi kalau punya anak kecil paling utama sih masalah keamananya. apalagi listrik termasuk sesuatu yang penting tetapi berbahaya kalau tidak diatur dengan baik. apalagi jika instalasinya cakep kayak gini
Komen Blog fennibungsu.com
Bayu Fitri mengatakan…
Harus selalu periksa instalasi litrik secara rutin ya sipaya rumah aman dan nyaman
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Dengan desain yang cantik dan estetik untuk sebuah rumah atau gedung, langsung kepikiran peralatan kelistrikan dari Schneider.
Edukasi yang baik untuk masyarakat akan pentingnya keselamatan di rumah perihal kelistrikan.
Komen Blog fennibungsu.com
Makin paham kenapa orang yang seperti keluarga Andrew White mementingkan keamanan dan kenyamanan seperti ini meski bayar agak beda dari biasanya
Manfaatnya banyak soale
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Impian banget punya rumah yang estetik minimalis tapi juga fungsional. Makasih infonya berguna banget, belajar tipis-tipis tentang fasilitas listrik untuk di rumah mulai dari sekarang. Btw salfok sama nana mirdad dan suami yang awet muda
Komen Blog fennibungsu.com
Rifqi Fauzan Sholeh mengatakan…
Wah, artikel ini pas banget buat kita yang pengen rumah aman dari listrik tapi tetap stylish, Schneider Electric bikin hidup di rumah makin nyaman dan bebas worry
Komen Blog fennibungsu.com
Risalah Husna mengatakan…
Jadi banyak insight deh ikutan talkshow nya, yang tadinya ngga terlalu aware sama urusan listrik, jadi sedikit paham dan mulai aware. Ternyata listrik bukan sekadar urusan bapak bapak yaa
Komen Blog fennibungsu.com
Risalah Husna mengatakan…
Jadi banyak insight deh ikutan talkshow nya, yang tadinya ngga terlalu aware sama urusan listrik, jadi sedikit paham dan mulai aware. Ternyata listrik bukan sekadar urusan bapak bapak yaa
Komen Blog fennibungsu.com
abahraka mengatakan…
kerasa banget sih, listrik itu baik secara fisik pada peralatannya bisa membuat rumah aman, juga dari penggunaannya juga, apalagi yang pake token, jadi lebih bisa berhemat juga.
Komen Blog fennibungsu.com
Farahdjafar mengatakan…
Jadi banyak insight banget mengenai listrik apalagi ini anti kesetrum dan korsleting juga paling aku suka bisa custom gitu yah
Komen Blog fennibungsu.com
Firman mengatakan…
Instalasi listrik memang harus dipikirkan matang-matang. Karena kadang banyak kabel yang sulit di bongkar karena sudah ketanam dalam beton. Terimakasih infonya untuk kenyamanan dan keamanan listrik untuk rumah tinggal.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Oh efeknya bisa seperti itu yaa..
Jadi bikin aman untuk peralatan rumah tangga yang lain juga.. Produk Schneider bisa diandelin banget untuk kelistrikan.
Komen Blog fennibungsu.com
Filza Halwa mengatakan…
Jarang-jarang ada yang mengadakan edukasi mengenai listrik kayak gini. Padahal klistrikan itu penting banget untuk keamanan dan kenyamanan penghuni rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
schneider produknya canggih dan lengkap bgt. gak heran bisa bikin rumah kita jadi aman dan nyaman perihal kelistrikannya.
Komen Blog fennibungsu.com
Kata Nieke mengatakan…
Terima kasih infonya. Masalah pemasangan instalasi kelistrikan rumah tangga memang penting ya demi keselamatan dan kenyamanan penghuni rumah.
Komen Blog fennibungsu.com
Malihadafi mengatakan…
Pastinya sih rumah dengan terpasangnya instalasi listrik yang dipasangnya gak sembarangan jadi kunci rumah aman dan nyaman terhindar dari bahaya apalagi memakai produk dari Schneider
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Sepakat, ga hanya estetik atau desain yang apik, tetapi rumah yang nyaman juga aman listriknya, termasuk dompetnya wkwkwk
Edukasinya dipersering dong, kalau untuk industri setahu saya Sneider dah sering mengadakan, untuk masyarakat awam juga dipersering pasti lebih cakep
Komen Blog fennibungsu.com
Rafahlevi mengatakan…
Kalo emak emak idah turun tangan percayalah itu pilihan terbaik buat keluarga hihi
Termasuk kelistrikan ga cuma yerang tapi nyaman, aman dan estetik wihhh
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau memperhatikan masalah keselamatan, hendaknya rumah yang aman juga harus memperhatikan masalah kelistrikan. Dengan menggunakan Schneider Electric, semua peralatan rumah tangga yang ada kaitannya dengan listrik pun bisa ikutan terjaga kestabilan listriknya.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini