Talkshow Mengesankan di Wedding Batak Exhibition 2024

wedding batak exhibition ada apa saja

Indonesia kaya dengan budaya di setiap provinsi. Bila dilihat jumlah provinsi (per bulan September 2024) yaitu 38 provinsi, berarti terbayang kayanya kita dengan kebudayaan daerah yang beragam, it’s Wonderful Indonesia. Salah satu provinsi yang tertarik untuk saya ulas yaitu Sumatera Utara, di mana terdapat kebudayaan patriarki yang dianut oleh suku Batak. 

Sebagaimana kita ketahui, sistem patriarki merupakan sistem sosial yang menempatkan dominasi laki-laki seperti dalam kepemimpinan, penguasaan properti, dan hak sosial. Oleh karenanya, untuk menambah wawasan tentang kebudayaan Batak, saya pun mendatangi Wedding Batak Exhibition 2024, karena ada sesi talkshow Harta, Tahta, dan Wanita. 

cara ke gedeng Smesco gatot subroto pakai transportasi umum

Wedding Batak Exhibition 2024 yang Mengesankan

Gedung SMESCO Indonesia, menjadi lokasi dilangsungkannya Wedding Batak Exhibition 2024 selama 2 hari yaitu tanggal 7 dan 8 September 2024. Pukul 10 lebih, saya tiba di gedung yang berada di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini. 

Enjoy Jakarta with public transportation, karena untuk ke Gedung SMESCO Indonesia ini lokasinya strategis, bisa dengan:

  • Bus Transjakarta, turun di halte busway Pancoran. Lalu berjalan kaki sekitar 200 meter.

  • Stasiun LRT Pancoran Barat, yang dilanjutkan berjalan kaki sekitar 200 meter.

  • KRL Commuterline stasiun Cawang, bisa dilanjutkan dengan transportasi online ataupun dengan Bus Transjakarta lalu turun di halte busway Pancoran. 

Waktu akan masuk ke dalam gedung, saya disambut dengan para penerima tamu yang rupawan menggunakan busana adat Batak. Saya pun diarahkan ke lantai 2, untuk registrasi, dan senang sekali melihat photobooth. Lalu masuk ke dalam, ternyata lebih banyak lagi booth-booth wedding vendor di sini. 

wedding batak exhibition ada apa saja

Wedding Batak Exhibition 2024 merupakan pameran vendor jasa pernikahan. Setidaknya ada lebih dari 100 wedding vendor, beberapa diantaranya seperti photo documentation, biro perjalanan (terdapat paket honeymoon), busana pernikahan, catering, pelaminan, treatment kecantikan. Lalu juga ada kegiatan seru di sini misalnya music perform, fashion show, kompetisi make-up artist, dan lainnya.

ada apa saja di wedding exhibition?

Asik berkeliling, saya pun sempat menyimak sesi peresmian dibukanya Wedding Batak Exhibition 2024 secara simbolik, yang ditandai dengan pemukulan tagading oleh Bapak Hongkia Doni Silalahi bersama Ibu Chintya Panjaitan selaku founder Helaparumaen, Ibu Martha Simanjuntak selaku founder Chathaulos sekaligus founder IWITA (Indonesia Women Information Technology Awareness), dan perwakilan vendor serta komite.

Baca Juga: Inspiring Indonesian Look bareng IWITA

wedding batak exhibition jasa vendor ada apa saja
sesi foto bersama dan pemukulan tagading

Sesi Talkshow Harta, Tahta, dan Wanita

Masuk ke sesi talkshow Harta, Tahta, dan Wanita dengan narasumber Ibu Ina Rachman dan didampingi Ibu Martha Simanjuntak, tampak banyak yang antusias, termasuk juga saya. Pasalnya, kita ketahui dalam budaya Batak, hanya laki-laki yang memiliki hak waris. Sedangkan perempuannya tidak. 

Ibu Ina Rachman menerangkan bahwa, sebenarnya bisa saja perempuan Batak mendapatkan warisnya, karena budaya Batak tidak mengkerangkengnya. Terlebih penerapan hukum waris itu tergantung menggunakan apakah itu hukum Islam (semisal orang Batak tersebut adalah muslim), hukum positif, atau menggunakan hukum adat Batak. 

sistem waris budaya batak seperti apa

“Serta selama ada kesepakatan dari seluruh ahli waris itu sah. Jangan sampai ada konflik.” Jelas Ibu Ina Rachman, pendiri Kantor Hukum Maestro yang merupakan salah satu firma hukum korporat terkemuka. 

Pada kesempatan yang sama, Ibu Martha Simanjuntak menyampaikan bahwa bila si anak perempuan Batak mendapatkan warisan, hal tersebut bukan karena kebudayaan, tetapi karena kasih sayang orangtuanya.  Hal ini memungkinkan pula mengapa tidak diberikannya warisan kepada perempuan Batak, karena bisa saja orangtuanya memiliki perhiasan yang nantinya diberikan kepada anak perempuannya tersebut. Atau bisa juga orangtua memiliki rumah, lalu mewasiatkannya untuk diberikan ke anak perempuannya itu. 

Bahasan yang menarik lainnya, adalah umumnya di negeri kita ini, perempuan yang ketika menikah memutuskan ingin mengasuh anak. Bilamana seorang perempuan Batak ingin berkarier atau lebih maju dari suaminya, maka tergantung dari sisi suami dan keluarganya. Dukungan terbaik pastinya akan mengalir, demi kemajuan bersama.

sistem waris budaya batak seperti apa

Penutup

Hal yang mengesankan bagi saya dengan hadir di Wedding Batak Exhibition 2024, karena tak hanya menyusuri tentang jasa vendor pernikahan, tetapi juga mengenal akan kebudayaan Batak, khususnya perihal sistem waris untuk perempuan. 

Baca Juga: Hadiah yang Mengesankan

Setiap daerah, pasti ada keunikannya. Setiap budaya yang berkembang, pasti ada keindahan di sana. Dan setiap adat yang menjadi sandaran, pasti ada kebijaksanaan yang bisa diraih. Sampai jumpa di Wedding Batak Exhibition berikutnya. 

34 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Adi Pradana mengatakan…
Mengangkat topik tentang sistem waris dalam budaya Batak, khususnya bagi perempuan, memperlihatkan sisi mendalam dari adat istiadat yang mungkin jarang dibahas di pameran pernikahan lainnya. Ini adalah bentuk apresiasi yang tidak hanya menghargai aspek komersial, tetapi juga mendorong pelestarian dan pemahaman terhadap budaya lokal.
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
1 Provinsi aja pastinya budayanya ada sedikit perbedaan ya apalagi kalau keseluruhan provinsi bener-bener kaya Indonesia.
Aku pernah 2 kali menghadiri wedding adat Batak tapi kurang menegrti prosesinya. Kemarin hadir di WBE jadi sedikit tau informasinya apalagi bisa menghadiri talkshownya juga
Komen Blog fennibungsu.com
Indri mengatakan…
Luar biasa insight yang kita dapat dari acara ini jadi tau culture Suku Batak, sejarah, tradisi hingga aturan yang berlaku bagi suku nya
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
Molly suka banget ikutan pameran kayak gini. Belom pernah tahu banyak ttg budaya batak. Semoga ada di palembang juga biar bisa belajar
Komen Blog fennibungsu.com
Sarah Jalan mengatakan…
Dikantorku banyak suku Batak, mereka sering cerita tentang alur mulai dari penentuan sinamot/uang hantaran, sampai acara adat pernikahannya, banyak perbedaan pastinya dengan suku2 lain, namun itulah indahnya kebudayaan. masing2 punya cirik hasnya :)
Komen Blog fennibungsu.com
Andiyani Achmad mengatakan…
nah aku pernah baca artikel online kalo selain mengatur pembagian harta antara anak perempuan, masyarakat adat Batak juga mengatur tentang warisan atau hibah yang berhak diterima oleh seorang janda. Itu juga berlaku ya, kalo iya masyaallah sih luarbiasa
Komen Blog fennibungsu.com
Cicajoli mengatakan…
jadi pengen ke wedding batak exhibition 2024, secara saya orang batak. iya mbak kalau di adat batak dominan laki-laki jadi pewaris, tapi kembali lagi ke hukum islam tentang pembagian warisan, perempuan tetap dapat toh :)
Komen Blog fennibungsu.com
AlineaLala mengatakan…
Seneng banget pastinya kak bisa berkunjung ke Wedding Batak exhibition dan bisa mendengarkan pemaparan pada sesi talk show yang disampaikan sama ibu Ina Rachman.

Jadi makin paham terkait kebudayaan Batak. Selain itu bisa berkeliling melihat vendor wedding profesional yang sangat menarik serta bikin betah bertanya.
Komen Blog fennibungsu.com
April mengatakan…
Suka deh kalau acaranya di Smesco karena bisa diajses angkutan umum dengan mudah yaa. Acara seperti WBE termasuk talkshow yang diselenggarakan bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang adat dan budaya Batak khususnya dari acara pernikahannya ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
kalo acaranya ada di palembang juga, molly juga kepingin ikutan nih belajar budaya batak secara gratis lewat pameran
Komen Blog fennibungsu.com
Dewi Rieka mengatakan…
Setiap daerah punya keunikan adat istiadat dan budaya masing-masing itulah betapa kayanya Indonesia menarik banget acara ini kita jadi lebih paham budaya suku lain ya..meriah pula pengunjungnya..
Komen Blog fennibungsu.com
Rina s mengatakan…
Seru nih acaranya jadi banyak tahu tentang budaya batak. Naksir banget sama kain kain ulosnya, pengen punya satu hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Nugros mengatakan…
Acara yang bermanfaat yaa, jadi bisa belajar tentang budaya batak lebih dalam lagi. Acara yang bagus nih buat calon pengantin adat Batak juga bisa sekalian cari vendor untuk pernikahannya nanti
Komen Blog fennibungsu.com
Hidayah Sulistyowati mengatakan…
Seru banget bisa hadir dalam event keren Wedding Batak Exhibition ini, ada photo booth segala ya. Kayak lagi kondangan beneran. Aku sampai searching Tagading karena nggak tahu, ternyata alat musik khas Batak ya gendang berjumlah lima. Kekayaan budaya Indonesia luar biasa, dan perlu dipamerkan seperti ini agar makin banyak yang mengenal lebih baik
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah saya jadi tambah ilmu tentang sistem waris perempuan suku Batak. Lengkap sekali ini Wedding Batak Exhibition, ada pameran vendor peenikahan, perform, kompetisi MUA sampai talkshow bertema menarik
Komen Blog fennibungsu.com
I. Afrina Putri mengatakan…
Oh ternyata acaranya cuma 2 hari yaa, soalnya kemarin sempat lihat di instastory beberapa teman mengenai event ini. Mewah banget, budaya bataknya benar-benar melekat. Jadi penasaran dan bikin tertarik untuk datang. Tapi ternyata saya telat tahu infonya huhu
Komen Blog fennibungsu.com
Adriana Dian mengatakan…
ulosnya cakep cakep yaaaaa..suka banget warna ulos batak yang bold bold gituuu, super cakeeeppp.. seru kayanya talkshownya ya mak, jadi makin nambah ilmu tentang budaya indonesia yaaa
Komen Blog fennibungsu.com
khairiah mengatakan…
wah pembahasan lumayan dalam yaa saya baru tahu seperti itu sistem waris adat batak, yang penting kesepakatan bersama
Komen Blog fennibungsu.com
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Wedding Batak Exibition salah satu pameran kereen yang mengenalkan salah satu budaya dan adat istiadat Suku Batak. Kereen ya acaranya, Batak salah satu suku di Indonesia yang memiliki beragam keunikan, spt keluarga ada yang meninggal dibiarkan nangis meraung raung.

Semoga wedding exibition ini bukan hanya Batak saja tapi suku lain diharapkan mau ikut sharing.

(Gusti yeni)
Komen Blog fennibungsu.com
Dari info tulisan teman yang lain juga jadi makin paham bahwa tiap budaya punya keunikan
Sama seperti suku Batak
Bahkan untuk jenis kain nikahan saja istimewa sekali lihatnya
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Beberapa temanku ada yang dari suku Batak. Pernah ada yang mengeluh soal patriarki ini. Karena kebetulan dia bersodara cewek semua. Jadi, ayahnya tuh semacam ingin menikah lagi karena ingin punya anak cowok demi bisa meneruskan marga.
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Selalu kagum dengan ragam Budaya Nusantara.. Terima kasih ya sdh membagikan pengalaman tentang hal ini..jadi sedikit tahu ttg Budaya Batak..
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Wah baru tahu kalau ada pameran pernikahan adat Batak. Ini sangat bermanfaat buat teman2 suku batak yang akan melangsungkan pernikahan, supaya mudah mencari vendornya. Semoga nanti juga ada pameran pernikahan adat Minang yah,, hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Ninin mengatakan…
Baru tau loh aku kalau wanita dari suku Batak tidak mendapatkan warisan dan hanya mendapatkan harta kasih sayang. Btw kalau nggak disayang gimana ya? Gak dapet sama sekali dong...
Komen Blog fennibungsu.com
Filza Halwa mengatakan…
Acaranya menarik banget, ya, Mbak. Selain bisa mengikuti acara hiburannya, acara penting lainnya yang nggak boleh dilewatkan adalah talkshow tersebut. Melalui talkshow tersebut kita bisa mengenal bagaimana budaya yang ada di Batak sebagai salah satu suku dari Indonesia.
Komen Blog fennibungsu.com
Kata Nieke mengatakan…
Temen-temen saya banyak yang Batak. Saya pernah menghadiri pesta pernikahannya. Baju adatnya bagus. Kalau menghadiri pesta dengan adat yang berbeda menyenangkan. Jadi tahu budaya Indonesia itu kaya.
Komen Blog fennibungsu.com
I. Afrina Putri mengatakan…
Mewah banget acaranya, sayang banget saya ketinggalan untuj tau info ini, pasti menyenangkan bisa hadir di event untuk mengenal budaya lainnya
Komen Blog fennibungsu.com
Adinda Tami mengatakan…
Untungnya sih, aturan warisan dalam masyarakat Batak bisa disesuaikan dengan masing-masing keluarga ya hihi.
Komen Blog fennibungsu.com
dinda mengatakan…
Sistem perkawinan di batak ini punya kemiripan sama Bali sih dalam hal hak warisnya. Sebenarnya ada aturan yang mengatur hak waris wanita dari sisi garis keturunannya dan nggak mesti harus cowok sebagai hak warisnya selama dalam musyawarah disepakai oleh saksi yang hadir tentang hak waris ini jatuhnya pada siapa. ❤️❤️
Komen Blog fennibungsu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Meski bertentangan dgn agama Islam, tradisi hak waris dari budaya Batak ini emg hrs kita hargai. Bgm pun budaya mereka jg pny aturan tertentu. Termasuk dlm hal pernikahan yg serba mewah. Namanya jg tradisi dan budaya ya tentu perlu dilestarikan ya meski bertentangan dgn budaya hingga agama lain. Tp yg penting kita ttp bersatu krn inilah Indonesia ya.
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Alif mengatakan…
Pasti happy banget y bsa dtang ke Event acara Batak yang unik2 nih budayanya
Komen Blog fennibungsu.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Acaranya kelihatannya seru ya.. Banyak pengetahuan baru nih yg bs didapat ttg pernikahan di suku Batak.
Komen Blog fennibungsu.com
bu guru mengatakan…
Bangga sama bidayat Indonesia yang masih ada sampai saat ini, Bangga pakai pakaian adat Batakk
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Sepakat, sellau ada hikmah yang dapat dipetik dari adat yang dianut, saling menghargai dan saling menghormati merupakan solusi utnuk menjaga toleransi budaya yang majemuk di Indonesia
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini