8 Spesifikasi Smartphone Ini, Bikin Penggunanya Setia

spesifikasi smartphone seperti apa yang membuat penggunanya bertahan

Apakah kamu suka memerhatikan spesifikasi smartphone yang kamu miliki dan memikirkan apakah ponsel tersebut masih dapat bertahan untuk kedepannya? Atau mungkin saja kamu seperti saya, yang tidak terlalu memusingkan smartphone untuk kedepannya bakal kayak apa, hehe. 

“Yang penting pakai saja dulu ponsel yang ada. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat karya dan jalin komunikasi. Semisal mentok harus upgrade karena spek atau memori penyimpanan yang tidak lagi mumpuni, barulah memikirkan untuk beli baru, hihi”.

Baiklah, kita tinggalkan urusan intermezo di atas. Perkembangan smartphone yang terus berkelanjutan dan inovasinya, seakan tak ada habisnya guna menjawab kebutuhan masyarakat. Ada yang berkembangnya mengikuti tren pasar, ada pula yang tetap konsisten dengan style-nya, ada yang bermunculan dengan spek “gokil” tetapi menawarkan harga yang terjangkau dan kompetitif. 

Lalu spesifikasi smartphone seperti apa yang bisa bertahan lama dan setia ditangan penggunanya? Cuss kita kulik bareng-bareng.

Apa sebab pengguna smartphone tetap bertahan dengan merek tersebut
ilustrasi dari freepik

1. Prosesor Kekinian

Prosesor kekinian menjadi alasan pengguna memilih sebuah smartphone, misalnya Qualcomm Snapdragon, Mediatek Helio, Apple, dan sebagainya. Makin update tahun keluaran prosesornya, maka makin jadi primadona ponsel tersebut, meski mungkin harga yang ditawarkan bakal lebih mahal. 

2. Konektivitas Internet

Sebagaimana kita ketahui, jaringan internet yang saat ini berkembang adalah 5G, 4G, dan 3G. Penerapan konektivitas 5G memang belum merata, khususnya pada smartphone. Oleh karenanya ketika ada smartphone yang memiliki konektivitas ini bisa bertahan lebih lama, terlebih akan ada pula potensi masuknya jaringan 6G.

3. Baterai Besar

Ketika smartphone memiliki kapasitas baterai yang besar, ini akan menjadi daya tarik yang luar biasa untuk menarik konsumen, sebab dianggap bisa memenuhi kebutuhan dan menunjang aktivitas tanpa perlu khawatir lagi harus bolak-balik men-carger-nya.

Baca Juga: Ini Gadget Andalan Generasi Masa Kini

4. Proses Pengisian Cepat

Punya baterai “badak” dan didukung pula dengan pengisian cepat, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Pasalnya, fitur pengisian cepat atau SuperVOCC sudah banyak tersedia pada brand-brand smartphone masa kini, sehingga akan lebih menjadi favorit. 

spesifikasi smartphone terdiri dari apa saja
ilustrasi dari freepik

5. Kamera yang Berkualitas

Fitur kamera pada sebuah smartphone, menjadi daya tarik yang membuat smartphone tersebut bertahan. Apalagi di masa kini, tak hanya besarnya Mega Pixel-nya saja, tetapi tersedia juga fitur lainnya seperti EIS, OIS, Zoom Optik, Lenca Periskop, dan AI Camera. 

6. Kualitas Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Smartphone tak hanya digunakan sebagai alat penghubung komunikasi semata, tetapi juga sebagai sarana hiburan dan media kerja. Kehadiran layar yang mumpuni seperti OLED/Amoled dan dilengkapi pula dengan refresh rate minimal 120Hz, maka akan memberikan pengalaman visual yang lebih mengesankan. 

7. Fitur Security yang Mumpuni

Kehadiran fitur security pada sebuah smartphone, akan memberikan rasa aman bagi penggunanya. Maka tak pelak, para produsen smartphone pun melengkapi fitur keamanan yang lebih mumpuni, misalnya dengan pengenalan wajah, sensor sidik jari baik di bagian samping ponsel maupun di dalam layar. 

spesifikasi smartphone terdiri dari apa saja
ilustrasi dari freepik

8. Memori Penyimpanan

Boleh dikatakan, banyak orang yang mengandalkan smartphone untuk berfoto, atau membuat konten. File konten tersebut ataupun file pekerjaan yang disimpan di smartphone memungkinkan ukurannya besar. Maka, kapasitas memori penyimpanan yang besar, misalnya ROM di atas 128GB dan RAM di atas 8GB dapat menjadi alasan penggunanya untuk bertahan memiliki smartphone tersebut. 

Baca Juga: Ini Ponsel Andalan Gamers yang Mumpuni

Penutup

Delapan spesifikasi smartphone yang dapat bertahan lama di tangan penggunanya ini, bisa menjadi gambaran untuk kamu, khususnya yang akan upgrade ataupun ganti ponsel ke spek yang lebih mumpuni. Dengan begitu, ketahanan ponsel bisa berusia lebih panjang, yang tentunya juga disesuaikan dengan cara pemakaiannya sehari-hari. 

mengapa orang bertahan memakai smartphone

Nah, kalau kamu akan membeli ponsel, biasanya apa dulu nih yang dilihat dari speknya? Atau malah melihat harga lebih dulu baru spesifikasinya? Atau justru melihat dari sisi nama brand-nya? Sini sambil sharing di kolom komentar yak!

37 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Ukuran layar smartphone juga bisa jadi pertimbangan saya. Tapi, sekarang smartphone juga pada lumayan besar ya layarnya. Saya suka yang besar layarnya.
Komen Blog fennibungsu.com
Ophi Ziadah mengatakan…
Ini memang spesifikasi yg wajib ada di smartphone unggulan kan yaa... Yg 8 ini pasti yg pertama dicek dan direview klo ke 8 spec ini udah oke tinggal cek harga kan yaaa... Cocok gak di kantong
Komen Blog fennibungsu.com
Maria Tanjung Sari mengatakan…
kalau saya saat ini butuh banget yang baterainya awet. Tapi salah saya sendiri sih, soalnya suka charge HP sambil dibuat scroll medsos. Ohya, kamera yang mumpuni juga sangat dibutuhkan untuk buat kontent
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan Anshari mengatakan…
Iya, ke-8 spesifikasi ini penting banget diperhatikan saat kita memilih handphone supaya kita bisa menggunakannya secara maksimal. Selain itu, penting juga pilih yang punya audio yang berkualitas, supaya mendukung hobi kita bermain game atau menonton film atau drakor dengan suara yang jernih dan nyaman di telinga.
Komen Blog fennibungsu.com
Imawan Anshari mengatakan…
Iya, ke-8 spesifikasi ini penting banget diperhatikan saat kita memilih handphone supaya kita bisa menggunakannya secara maksimal. Selain itu, penting juga pilih yang punya audio yang berkualitas, supaya mendukung hobi kita bermain game atau menonton film atau drakor dengan suara yang jernih dan nyaman di telinga.
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Kalau saya, pertama pasti lihat harganya dulu mbak hehehe... kalau udah tahu budgetnya, baru deh cari yang speknya paling baik di range harga yang sudah ditetapkan.
Komen Blog fennibungsu.com
Adi mengatakan…
Kalau buat saya sih pengen fokus di dua hal: kamera bagus dan media penyimpanan raksasa, maklum ga butuh aneh-aneh apalagi buat gaming. Cukup menunjang kerjaan aja deh.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Setuju poin2 di atas. Akh sendiri kalo beli hp baru, yg pertama dilihat kamera sih mba. Krn aku rutin traveling, JD butuh kamera hp yg bagus. Udh maleeees bawa kamera beneran 😅. Berat, makan tempat.

Kedua aku cari batre yg besar biar ga sering2 nge-charge. Apalagi kalo sedang traveling aku paling sering di luar kan. Suka males pake powerbank pula. Trus kalo sedang winter, batre itu biasanya JD LBH boros.

Ketiga baru deh sistem penyimpanan dan lainnya, biar tetep cepet dan sat set. Ga lemot.

So far puas dengan hp2 yg pernah aku pake, Krn rata2 kuat banget. Walopun tiap 2 THN aku pasti ganti hp, tp yg lama tetep aku pake . Utk back up. Dan kebanyakan msh kuat.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Kalau dulu, saya eli hape kerena lihay brand-nya. Padahal dengan harga yang sama, saya bisa beli hape lain dengan speak yang lebih lengkap, Mbak. jadi saya pilih hape sesuai kebutuhan saya. Dan 8 hal di atas itu sudah termasuk kriteria saya saat membeli hape. Soalnya hape juga buat kerja. Termasuk pilih baterai besar, agar bisa diajak cari cuan lebih lama hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Kalo saya yang hobi foto, dua syarat utama dalam pemilihan HP adalah kualitas foto dan memori yang besar karena pasti motretnya ratusan shoot. Bener-bener menunjang hobi dan mata pencaharian pastinya.
Komen Blog fennibungsu.com
Diah Woro Susanti mengatakan…
Jujur sebagai emak-emak yg pertama kucek ya harga tau kalau setelah dibandingkan spesifikasinya ga masuk, mau ga mau upgrade dikit harganya. Aku ga masalah sama merk karena biasanya dengan spek yang sama atau mirip, bisa dapet harga bersahabat untuk merk favorit sejuta umat hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Molzania mengatakan…
kalo molly milih hp pilih yang baterenya awet, prosesornya oke dan kameranya bagus. maklum kerjaan ngonten nih tukang edit dan bikin video.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Meski tidak semuanya kupahami. Minimal, buatku ya batrai sih. Tahan lama sama fast charging. Sama penyimpanan dan kamera kali ya. Karena kan kita pasti akan jadiin smartphone sebagai alat untuk bekerja. Jadi baik kamera dan ruang penyimpanan harus keren. hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Gue banget semua nih
Kamera harus oke, bisa nyimpen banyak, dll
Dan produser tau kebutuhan tersebut sehingga berlomba-lomba menyediakan un tuk konsumen
yang untung ya konsumen
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Ani mengatakan…
Bagi saya sebagai orang yang sering bepergian dan suka abadikan momen buat konten lebih cenderung pilih hp yang kameranya bagus dan baterainya tahan lama.
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Aku pun no satu mempertimbangkan fungsinya mbak, khususnya kameranya. Trus soal batereai itu juga penting, butuh yang awet dan sudah fast charging buat mendukung kegiatan ngonten.
Memori penyimpanan juga hal penting apalagi kalau ngonten pasti banyak nyimpen foto dan video yang entah kapan dieditnya itu hehehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Lidya Fitrian mengatakan…
Baterai besar, kecepatan mumpuni apalagi ditambah dengan kamera yang canggih makin digemri ya sekarang dipakai masyarakat selain brandnya juga
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Aku tipe yg ganti Hp kalau udah rusak mba, dan bener sih tipenya yg disebutin jadi pilihan pas waktu beli hp, yg penting hasil camera dn memorynya
Komen Blog fennibungsu.com
Meilia Wuryantati mengatakan…
Spesifikasi yang mumpuni pasti jadi pertimbangan buat milih smartphone, tapi kalau aku harga dulu mba hahahahha.. masuk gak nih di budget kantong, maklum selalu tabrakan dengan kebutuhan sekolah dll. Tapi tetep mupeng dengan yang bagus hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Wah sama kyk aku, suka dengan layar besar karena kebetulan mata dah plus haha. Next kalau mau ganti HP aku mau ukuran HP yang buat gaming krn punya spek body yang lebih gede dan tentu aja layar lebih lebar dr HP kebanyakan hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Kalau aku (dan suami) cari smartphone cek spek-nya dulu. Karena, HP itu gantinya laptop, bisa buat kerja darimana saja jadi mesti yang bagus performanya. Setelah itu baru cek lainnya. Kalau brand bukan yang utama
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Sebenarnya aku lebih memilih ke hasil camera dn batery sih mba karena itu penting bnget buat nunjang aktivitas aku sekarang ..
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Pengen beli smartphone baru, karena punyaku ini dah mau 5 thn besok bulan Nov 24. Semuanya masih lumayan bagus, hanya saja memorynyanudah full. Pengen nambah HP baru biar lebih cepet kerja dan maksimal nyimpen file.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Pertimbangan pertama, biasanya kamera.
Trus lanjut ke batere sama RAM dan kapasitas HP.
Ini penting yaa.. biar gak khawatir pas lagi rekam-rekam konten ((aka. video konser, hahha))
Komen Blog fennibungsu.com
Dewi Rieka mengatakan…
Daku lagi cari hape nih, sudah eror hapenya..kalau aku cari yang kapasitas baterai besar dan fast charging dan tentu saja kualitas kamera dan harga ponselnya hehe
Komen Blog fennibungsu.com
dailywife@gmail.com mengatakan…
Suami saya tiga tahun sekali dapat jatah bujet ganti HP dari kantor. Jadi, saya tuh jarang beli baru karena seringnya nglungsur punya suami wkwkwk. Saya mau-mau aja krn kalau bekas punya suami tuh biasanya sudah memenuhi kebutuhan saya soal memory, kamera, dsb. Ya memang jadi sudah agak jadul aja utk ukuran gadget. tapi selama masih oke dipakai, kenapa enggak? gitu sih kalau saya hehehe
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Smartphone zaman sekarang memang beneran smart yaa..
Aku salut sama kemajuannya yang cepeeett tiap tahun. Eh, jangankan tahun, ganti bulan aja adaaa lagi launching spek dari brand-brand ternama. Terutama jaringan 6G nih.. waaah, enakeun banget buat nonton yaak..
Komen Blog fennibungsu.com
Antung apriana mengatakan…
Kalau aku selain kamera dan chipsetnya biasanya suka sama ngecek baterai dan memorinya. Tapi 8 komponen di atas sebenarnya memang wajib banget dicek kalau kita mau beli handphone dan tentunya juga disesuaikan dengan budget yang ada
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Saya juga memperti,bangkan processor, memori dan baterai yang besar secara saya lebih banyak menggunakan HP baik untuk kerja maupun ngeblog
Komen Blog fennibungsu.com
Irhan Hisyam mengatakan…
betul kak memilih smartphone itu memang banyak kriterianya. kalau saya pribadi sih mencari hp karena memang tergantung fungsinya. kalau content creator mungkin urusan kamera jadi suatu hal penting. dan kalau saat ini karena kebutuhan cuma ikut zoom dan sama baterai jadi pertimbangan penting jadi ya kemarin sempet beli yang hp techno sih hehe
Komen Blog fennibungsu.com
Dila mengatakan…
Kalau saya, kadang kemakan iklan. Dulu pernah brand OPPO mengclaim kemampuan fast charging, jadi terpengaruh beli. Trus akhirnya balik lagi ke Samsung karena fitur nya lebih bagus, habis itu iseng coba Iphone, eh ternyata emang bagus, kameranya, lebih awet, memori penuh pun nggak bikin hp lelet.
Komen Blog fennibungsu.com
Neng Vina mengatakan…
Ini sih bisa jadi parameter aku untuk beli HP baru. Jujur soalnya aku lumayan enggak nyaman dengan HP aku saat ini karena aku kurang memperhatikan spesifikasi yang sesuai. Jadi sekarang lagi coba nabung-nabung untuk beli HP yang lebih sesuai dengan kebutuhan aku dan estetika yang ku suka. Dari parameter ini aku bakal jadiin acuan sebelum memilih HP yang cocok
Komen Blog fennibungsu.com
Neng Vina mengatakan…
Jujur ini artikel bakal jadi parameter aku dalam membeli HP baru.. soalnya aku lumayan nggak nyaman dengan HP aku yang sekarang karena terlalu cepat dalam memilih. Jadi parameter ini bakal Aku jadiin acuan untuk beli HP yang cocok sesuai dengan kebutuhan aku dan sesuai dengan estetika yang aku suka
Komen Blog fennibungsu.com
Okti Li mengatakan…
Sesuai pilihan saya selama ini kalau beli ponsel pasti yg dipertimbangkan itu baterai, memori sama kamera. Ketiga itu memenuhi, udah merasa cukup saya mah
Komen Blog fennibungsu.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Bener banget nih! Speknya sangat dibutuhkan oleh saya 😁 punya hape kek gini beneran multifungsi
Komen Blog fennibungsu.com
Mechta mengatakan…
Kalau aku pilih yg kameranya bagus dan penyimpanan besar, hehe... Karena keduanya sangat kepakai olehku. Terima kasih sharing infonya ya...
Komen Blog fennibungsu.com
Mario Andaru mengatakan…
Ini bener banget sih. Sebagai orang yang mulai mencari hp baru karena hp lama sudah.... emmm ya begitulah.... artikel semacam ini jadi reminder buat saya untuk mencari spesifikasi hp yang bikin jangka pakainya lebih long last
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini