10 Financial Hack agar Keuangan Tetap Sehat

apa itu financial life hack?

Istilah life hack seringkali digunakan dalam berbagai hal. Life hack sebenarnya merupakan tips dan trik praktis yang dapat memudahkan segala hal dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal finansial atau keuangan, ternyata life hack juga dibutuhkan untuk menjaga keuangan tetap sehat dan baik. Sangat penting untuk memiliki keuangan yang sehat karena akan berdampak positif bagi kualitas kehidupan. Maka dari itu, kamu harus terus berusaha untuk menjaga keuangan tetap fit dengan financial hack, misalnya seperti memiliki investasi online

Ukuran keuangan sehat sederhana yang bisa kamu lihat secara langsung, adalah tidak merasa kesusahan sebelum akhir bulan, yang diakibatkan dari pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Jika kamu tidak merasakan kesusahan, maka finansialmu masih bisa dibilang sehat. Bagi kamu yang merasa keuanganmu suka boncos, cuss langsung intip deretan financial hacks yang berasal dari berbagai sumber di bawah ini ya!

Life Hack Keuangan untuk Financial Sehat

Mengelola keuangan ternyata membutuhkan skill yang mumpuni. Namun kali ini tidak perlu khawatir, karena ada juga life hack atau tips dan trik dalam mengelola keuangan agar sehat, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Berikut ini daftar financial hack yang bisa kamu coba:

bagaimana cara financial hack yang sehat untuk keuangan pribadi
ilustrasi dari freepik

1. Membuat Budgeting Bulanan

Life hack pertama yang bisa diterapkan adalah membuat budgeting untuk setiap bulannya. Saat kamu menerima gaji pada awal bulan, lekas susun anggaran supaya kamu bisa mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan setiap pos. Kamu bisa mengikuti aturan 50/30/20 yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk kesenangan pribadi, 20% untuk menabung atau investasi jangka panjang.

2. Mencatat Pengeluaran Bulanan

Selain membuat anggaran dari pemasukan, kamu juga wajib mencatat pengeluaran bulanan. Memang hal ini tidak mudah, karena membutuhkan konsistensi. Namun, kamu bisa teratur mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan dengan baik, lalu simpan juga bukti bayarnya seperti nota atau bon agar dapat memantau jika terjadi perubahan harga barang yang dibeli. Dengan begitu kamu bisa melakukan review dan evaluasi anggaran dengan mudah.

3. Gunakan Uang Tunai

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah dengan selalu berupaya melakukan transaksi secara tunai. Pasalnya dengan bertransaksi tunai akan memudahkan saat belanja, dan mencegah diri dari impulse buying yang berlebihan. Uang tunai juga lebih mudah dikontrol, sehingga membuat kamu lebih fokus pada kebutuhan utama dan penting saja.

4. Segera Lunasi Utang

Tips dan trik penting lainnya untuk mencapai keuangan yang sehat adalah dengan mempercepat pelunasan hutang, terutama yang memiliki rate bunga tinggi. Jika memiliki hutang, maka setiap bulan akan banyak uangmu yang hilang untuk membayar bunga dari kredit yang kamu ambil. Untuk itu akan lebih sehat jika kamu segera melunasi hutang.

5. Mencari Pendapatan Tambahan

Jika pengeluaran dirasa lebih besar dibandingkan pendapatan, maka segeralah mencari pendapatan diluar pendapatan rutin. Kamu bisa mulai mencari pekerjaan paruh waktu, freelance, atau yang lainnya sesuai dengan bakat yang dimiliki. Dengan tambahan pendapatan, tentu saja dapat menutup kekurangan pengeluaran, sehingga neraca akan kembali seimbang dan finansial pun jadi sehat.

Baca Juga: Uang THR Lebaran Mau Beli Apa Dulu ya?

6. Tabung Uang Selama 30 Hari Jika Membeli Barang

Kamu bisa menerapkan aturan 30 hari saat menginginkan sesuatu. Saat muncul keinginan membeli barang, kamu bisa menabung terlebih dahulu selama 30 hari untuk membelinya. Setelah 30 hari kamu bisa memutuskan ingin tetap membelinya atau tidak. Aturan ini akan membuatmu tidak melakukan impulse buying, dan memikirkan lebih dalam apakah barang tersebut memang kamu butuhkan atau tidak.

7. Membiasakan Diri untuk Menabung

Selain mengontrol pengeluaran, kamu juga harus mendisiplinkan diri untuk menabung sebagian dari pendapatanmu. Kamu bisa memanfaatkan autodebet agar disiplin dalam menabung. Dengan begitu jumlah hartamu akan terus bertambah setiap bulan.

8. Menunda Belanja Online

Trend belanja online saat ini demikian masif, sehingga membuat orang terlena untuk melakukan impulse buying setiap saat, karena godaan iklan olshop. Kamu bisa menghindarinya dengan menundanya, dengan cara masukan dulu barang yang ingin kamu beli ke keranjang, guna memberi waktu berpikir.

9. Jangan Ragu Menanyakan Diskon atau Promo

Life hack keuangan selanjutnya adalah jangan malu untuk menanyakan diskon atau promo pada sebuah merchant saat kamu jajan di luar. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari ini, karena pengeluaranmu menjadi lebih sedikit dari yang seharusnya jika memanfaatkan diskon dan promo yang berlaku.

apakah investasi online itu? Dan apakah investasi online aman dilakukan?
ilustrasi dari freepik

10. Berinvestasi

Satu lifehack keuangan yang tidak kalah penting adalah berinvestasi baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang. Saat ini sudah ada investasi online yang memudahkan kamu menjadi seorang investor.

Mengelola keuangan secara efektif bisa menjadi tantangan. Namun dengan beberapa life hacks yang sederhana tapi efektif, kamu bisa membuat prosesnya lebih mudah dan lebih efisien. Jika ingin berinvestasi, gunakan aplikasi investasi online Aplikasi digibank by DBS karena aman. Jika kamu mengalami kesulitan dalam memulai investasi, kamu juga bisa berdiskusi dengan digibank advisor dan mendapatkan strategi investasi jangka panjang yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan nasabah, tujuan investasi dan kondisi ekonomi global.

Baca Juga: Cara Cerdas Menggunakan Uang THR

Pilihan produk investasi online terjangkau. Tersedia 150+ produk investasi yang telah dikurasi dan dapat disesuaikan dengan tujuan keuanganmu, seperti Obligasi mulai 1 juta, reksadana mulai 100 ribu dan dapat dibeli, dijual maupun dialihkan dan diwariskan hanya melalui Aplikasi digibank by DBS

Ingin memulai investasi tapi bingung dari mana? Wealth 101 adalah teman belajarmu! Lebih dari 100 artikel yang mudah dipahami akan membantumu memahami dasar-dasar investasi, dari tips awal hingga analisis pasar terkini.

cara dan tips financial hack yang mudah dilakukan
ilustrasi dari freepik

Tak hanya itu saja, dengan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa belajar dan berinvestasi di satu aplikasi melalui digibank Live & Learn dimana kamu bisa akses puluhan kelas investasi bersama para ahli, dari pemula hingga investor berpengalaman. Pilih dari 150+ produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu, lalu beli, jual, atau alihkan aset dengan mudah kapan saja, di mana saja.

Bahkan kamu bisa juga belajar tentang investasi melalui Wealth 101 yang berisi Artikel panduan berinvestasi, mulai dari tips memulai investasi, edukasi prinsip berinvestasi yang baik, hingga pemaparan pandangan ekonomi dari para pakar DBS untuk sinyal terkini. 

Praktis dan mudah memang berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS bukan? Jika tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan cek segera informasi selengkapnya di sini

20 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya fokus pada poin menabung 30 hari saat akan membeli barang, Mbak. Dan bagus sekali ini, daripada harus berutang dulu. Lalu saat masa menabung 30 hari, bisa saja berubah pikiran, apakah arang itu dibutuhkan atau tidak. Jadi kalau pun tidak jadi beli, sudah ada tabungan untuk keperluan kebutuhan.
Komen Blog fennibungsu.com
Suci mengatakan…
Kayanya aku butuh tips no 6, deh. Sering banget kejadian udah dibeli tapi jarang dipake dan baru sadar ternyata ngga butuh2 amat. Dan beneeer cashless itu memudahkan tapi sekaligus membahayakan, hikkss
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Poin pertama ini memang paling penting. Pengaturan budgeting setiap bulannya. Dan sejak dulu memang sudah diterapkan pos-posnya. Nah, dari sini, nanti bisa berkait dengan poin-poin berikutnya, termasuk mengutamakan kebutuhan, bukan keinginan. Terus memang harus disiplin.
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Tips no 6 ini menarik, tapi bener juga lo, jika ingin sesuatu mending nabung dulu jadi terhindar dari impulsif buying, kadang belanja itu lebih ke emosi, apalagi kalau penawarannya menarik banget
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Nomor 4 sih prioritas banget harus. Biar gak nanti², jadi cpt selesai. Keuangan pun jadi makin sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Kyndaerim mengatakan…
Nomor 4 sih prioritas banget harus. Biar gak nanti², jadi cpt selesai. Keuangan pun jadi makin sehat.
Komen Blog fennibungsu.com
Han mengatakan…
Bank DBS emang jadi salah satu rujukan untuk pengajuan yang mudah dan udah berizin OJK sih yaa. Saranku jgn sampe ke pinjol deh kalau di bank bank yang sudah berizin masih banyaak banget kesempatan untuk mengajukan.
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Belanja online nih yang sering bikin kalap. Liat barang2 bagus dan murah2 langsung check out aja hehehee... Harus mulai mengendalikan nih, plus mulai investasi juga agar nantinya uang yang bekerja untuk kita.
Komen Blog fennibungsu.com
Putu Felisia mengatakan…
Mengatur keuangan emang penting, Mbak Fenni. Ini saya malah lagi belajar asuransi soalnya biar ada back up pas sakit gitu.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Segera lunasi hutang. Kalau bisa melunasi, minimal nyicil dulu gitu kalau aku mah.
Komen Blog fennibungsu.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Nomor 10 nih dari dulu belajar melulu, prakteknya belum mulai-mulai juga :D
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kayanya yang namanya wishlist ini gak abis-abis yaa..
Semoga dengan menabung 30 hari maka bisa semakin semangat bekerja dan menabung, ga boros dan mudah jajan gajelas. Huhuhu, masalah aku banget ini mah..
Komen Blog fennibungsu.com
Nanik nara mengatakan…
Hiyaaa belanja online tuh emang sangat menggoda mbak, apalagi kalau ada diskon terus gratis ongkir. Saya juga sedang berusaha, kalau pengen belanja online, masukin dulu di keranjang, tapi ditunda buat lanjut pembayaran.
Komen Blog fennibungsu.com
Guritno Adi mengatakan…
Halo kak Feni, saya tertarik banget loh sama poin budgeting tapi emang ekonomi lagi sulit yah, mau budgeting tapi lok uangnya belum ada jadi susah deh, heheheheh. Thanks ya for sharing.
Komen Blog fennibungsu.com
khairiah mengatakan…
aku masih tantangan untuk nggak belanja online karena aku paling nggak tahan kalau ada lapak buku murah dan bukunya bagus bawaan ingin borong
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Setuju banget, gunakan uang tunai!
Jangan tergiur ambil kredit kecuali untuk membeli barang produktif
Sebelum memutuskan membeli, selalu pikirkan: Saya butuh barang ini, atau cuma pingin beli?
Komen Blog fennibungsu.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Kebiasaan dlm hidup yg harus di terapkan dalam mengolah keuangan, selain itu juga meminimalkan resiko kurangnya uang dan agar lebih terkendali pos-pos dari arus keuangan
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Membulatkan tekad untuk berinvestasi ini sangat bagus sekali. Karena alokasi dana yang tepat akan berdampak hasil yang berbeda untuk masa depan. Dengan aplikasi dari DBS Bank dan dipandu oleh fitur kelas investasi dari para ahli, maka investasi bisa dimulai as soon as possible.
Komen Blog fennibungsu.com
Yanti Ani mengatakan…
Tambahinnn, jangan kemakan gengsi juga! Sekarangkan banyak gitu, karena orang lain minum kopi mehol, jadinya ikutan beli kopi gitu yang sebenarnya lumayan buat ditabung.
Komen Blog fennibungsu.com
fanny_dcatqueen mengatakan…
Bikin budgeting sebulan itu paling ampuh dan wajib sih. Dari aku mulai kerja, aku selalu buat, sampai skr mba. Krn dari situ keuangan kita bisa di track.

Apalagi kemudian aku kerja di bank asing, HSBC yg memang fokusnya pada growing wealth, makin belajar lagi cara2 investasi dari teman2 RM dan investment .

Aku juga bikin rekening terpisah2, ada yg utk tab traveling, ada yg utk investasi dan daily life. Sediain dompet yg ada sekat2 nya, utk nyimpen uang cash. Ini biasanya utk pengeluaran dapur yg msh pakai cash.

Kalo udah dibuat post nya, insyaallah sih ga bakal kurang sampe akhir bulan. Kecuali ga disiplin Ama post2 yg dibuat
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini