Enam Fungsi Eye Shadow Solusi Praktis Bermake-up

Apa iya eye shadow multi fungsi yang bisa digunakan untuk beragam riasan? Apakah benar se-praktis itu untuk memudahkan wanita bermake-up, dan bahkan jadinya lebih hemat? 

apa manfaat multi fungsi eye shadow

Eits, bila rahasia ini bila diketahui oleh kaum adam, kayaknya bakal rugi nih kita kaum hawa, haha. Soalnya, yang seharusnya bisa beli kosmetik lengkap, eh gegara ada yang bikin hemat bujet dan solutif, malah gak jadi deh peralatan make up lengkap dimiliki. Gak gitu juga kali yak, hehe. Kan ini trik memanfaatkan eye shadow praktis untuk urusan kepepet sih hihi. 

Eye shadow pernah menyelamatkan saya dalam hal berdandan, ciee. Ya, berhubung waktu itu yang ada ya dia, dan warnanya juga masih masuk, jadilah si bayangan mata itu beralih untuk hal lain. 

Hemm, mungkin pembaca blog fennibungsu.com udah ada yang terbayang nih apa yang dimaksud, atau masih belum paham? Langsung kita kupas yuk. 


apa manfaat multi fungsi eye shadow dalam bermake-up
ilustrasi pemakaian eye shadow (dok. freepik)

Apa Itu Eye Shadow?

Bayangan mata atau yang lebih familiar disebut dengan eye shadow adalah produk kosmetik yang digunakan pada bagian sekitar mata (kelopak, bagian bawah mata), sehingga bagian mata terlihat lebih hidup dan dapat meningkatkan penampilan wajah lebih segar.

Enam Manfaat Eye Shadow untuk Segarkan Penampilan

Warna-warna eye shadow bervariasi, dan ini juga akan mempengaruhi dari segi harga (selain dari jenama yang dibawa). Ada yang dalam satu palette berisi 3 warna, dan ada pula yang lebih dari 10 warna. Sehingga orang-orang yang memakainya bayangan mata ini, bisa menyesuaikan pula dengan warna outfit yang dikenakannya. Oleh sebab itu, eye shadow memiliki banyak manfaat yang dapat kita gunakan sebagai kosmetik andalan, yaitu:

1. Eye Shadow sebagai Eyeliner

Eyeliner alias si celak, bisa kita mengakalinya dengan menggunakan eye shadow. Caranya pilih warna eye shadow yang tergelap. Gunakan bagian kuas kecil untuk mengambil produk eye shadow, lalu aplikasikan ke bagian garis bulu mata bawah maupun atas, sesuai dengan kebutuhan. 

Trik pemakaian eye shadow sebagai eye liner, usahakan eye shadow tersebut tidak ada glitternya, agar tidak membuat mata kemasukan glitter atau hal yang kurang nyaman lainnya. 

apa manfaat eye shadow untuk bermake-up
ilustrasi eye shadow (dok. freepik)

2. Eye Shadow untuk Mengisi Alis

Fungsi eye shadow untuk segarkan penampilan wajah selanjutnya adalah sebagai pembentuk alis. Tekniknya dengan memilih warna eye shadow yang agak gelap seperti hitam, coklat tua atau disesuaikan dengan warna alis kita. Pakai kuas alis untuk membentuk dan mengisi alis, sehingga alis lebih terisi. 

Baca Juga: Apa Saja Kandungan Skincare untuk Wajah Glowing?

3. Eye Shadow sebagai Highlighter

Apakah kamu punya eye shadow dengan glitter atau shimmer? Nah, bisa memanfaatkan si bayangan mata ini sebagai highlighter. Triknya adalah, dengan memilih warna cerah untuk memberikan efek yang bercahaya pada bawah alis, tulang pipi dan sudut dalam mata. Kesegaran pada wajah jadi lebih terlihat dan memberikan efek kilau alami pula. 

4. Eye Shadow sebagai Contour

Efek kontur pada wajah juga bisa dengan memanfaatkan eye shadow. Pakai yang warnanya lebih gelap dari kulit kita, lalu aplikasikan kontur pada area yang dibutuhkan misalnya bagian rahang, bawah tulang pipi dan sisi hidung. Dengan begitu, bisa memberikan wajah lebih berdimensi dan tegas. 

ilustrasi dari freepik

5. Eye Shadow menjadi Blush On

Mungkin pemanfaatan eye shadow sebagai blash on, pada banyak nih yang memakainya, selain saya tentunya haha. Yes banget, lah ya. Soalnya waktu itu edisi kepepet, gara-gara blash on saya habis, tetapi si eye shadow (tiga warna yaitu coklat tua, coklat muda, dan krem) masih ada. Jadilah memanfaatkan warna eye shadow yang coklat muda untuk blash on, dan Alhamdulillah-nya cocok. 

6. Eye Shadow sebagai Lip Color

Bila ingin tampilan pada bibir lebih berbeda, bisa memanfaatkan eye shadow sebagai lip color. Triknya dengan mencampurkan eye shadow dengan lip gloss atau lip balm, lalu aplikasikan pada bibir. 

Baca Juga: Ini Skincare yang Cocok untuk Cuaca Panas

Penutup

Kelebihan eye shadow yang memudahkan kita untuk menciptakan dan berkreasi dengan berbagai nuansa warna, sehingga tatkala akan membelinya pastikan untuk memilih warna yang tepat dan bisa untuk dikreasikan dalam berbagai fungsi. 

apakah eye shadow bisa untuk blash on
ilustrasi eye shadow palette (dok. freepik)

Namun, apakah bisa berfungsi sebaliknya, misalnya menjadi blash on sebagai eye shadow? 

Menurut saya pribadi, sebaiknya tidak. 

Baca Juga: Pengalaman Saya dengan Gardenia Glow Serum

Eye shadow dibuat dengan bahan yang aman untuk bagian mata. Hal ini dikarenakan area mata merupakan area yang sensitif dan bagian kulitnya lebih tipis dibandingkan dengan area wajah lainnya. Sehingga menjadikan produk lainnya untuk digunakan sebagai eye shadow, maka sebaiknya tidak dilakukan. Kalau kamu sendiri, apakah pernah memanfatkan eye shadow untuk fungsi lainnya dalam bermake-up? Cuss, bisa sharing yak.

20 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Ternyata banyak juga ya manfaat eye shadow. Kalau untuk eye liner sih, aku paham ya. Kalau buat ngisi alis. Biasanya aku pakai maskara sih buat urusan ngalis. Hehehe....
Komen Blog fennibungsu.com
hani mengatakan…
Dulu masih suka pakai eye shadow. Tapi sejak sehari-hari pakai kacamata, jadi males pakai lagi.
Dulu juga, zaman masih suka pakai eye shadow itu, pas lagi kehabisan eye shadow, pakai lipstik dong...wkwkwk...
Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Selama ini gak pernah sih pakai eye shadow untuk contour, blush on apalagi lip colour
Mungkin karena eye shadow yang saya punya warna-warnanya gak bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut
Komen Blog fennibungsu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Eh saya baru tahu loh kalau eye shadow bisa dicampur dengan lip balm. Wah beneran bisa dicoba ini sih hahahaha. Solusi untuk menciptakan warna baru kalau dah bosan dengan lipstick warna itu-itu aja.
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Nah, ketahuan sekarang, kalau eye shadow banyak fungsinya juga ya, Mbak. jadi malah bisa menghemat dan membeli keperluan penunjan lainnya hehehe.
Komen Blog fennibungsu.com
Kalau saya pakai eye shadow ya buat kelopak mata, jarang dipakai buat blush on, malah blush on yang sering saya pakai jadi eye shadow. Untuk alis juga kurang nyaman, mending pakai sisa sikat mascara :D
Kalau kontur emang pas, cuman kadang saya kurang mahir ngeblend-nya
Komen Blog fennibungsu.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah ternyata eye shadow bisa dimultifungsikan ya..ga cuma di bagian mata saja. Kalau aku selalu pakai sekalian buat blush on dan countour, biar praktis bawa satu pallete eye shadow yang mungil itu..Kalau buat peruntukan lain belum nyoba, lain kali bisa dicoba nih
Komen Blog fennibungsu.com
Tria TR mengatakan…
Ya ampun, ternyata banyak ya fungsi eye shadow. Kirain buat kelopak mata doang. Hihi...maklum, jarang banget dandan.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Yakaan.. aku juga merasa perona ini bisa digunakan di berbagai spot siih..
Karena gak ada yang notis juga kalo make eye shadow buat pipi, misalnya..
Yang penting menggunakan kuas yang tepat dan shading yang oke, jadi makes it PERFECT!
Komen Blog fennibungsu.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Masalahnya aku ga pinter make up mba 😂. Yg basic aja sih bisa, tp kalo sampe mix macem2, itu belum. Pake blush on aja kdg msh berantakan. Ada tuh beli lip cream yg juga bisa berfungsi sebagai eye shadow dan blush on. Tp aku blm expert gunainnya. Jd selama ini msh kepake sebagai lip cream doang.

Memang hrs banyak practice sih yg namanya make up ini.
Komen Blog fennibungsu.com
Ainun mengatakan…
aku baru memanfaatkan eyeshadow sebagai blush on
aku kalau nyari eyeshadoew milihnya lama. maunya nyari eyeshadow yang pilihan warnaya cukup banyak dan pigmented
Komen Blog fennibungsu.com
Zakia Widayanti mengatakan…
Dulu aku juga pernah beli eye shadow tiga warna, putih agak blink-blink, coklat, sama pink jadilah bisa dipake buat highlighter, contour sama blush on wkk
Kalau sekarang malah pakenya lipstik buat blush on sama eye shadow karena jarang make up.
Komen Blog fennibungsu.com
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Berhubung bentuk alisku bagus jadi nggak perlu lagi eye shadow, haha. Jadi inget pake eye shadow waktu dulu sering manggung jaman kuliah.
Komen Blog fennibungsu.com
Demia Kamil mengatakan…
praktis jadinya sat set yaaa, aku juga kadang pake eye shadow buat blush on biar nggak bolak balik buka pouch makeup hihihi, yang penting warnanya masuk ke pipi hihihi
Komen Blog fennibungsu.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Saya punya eye shadow tapi yang serial smokey. Bisanya palingan untuk isian gambar alis yaaa.. klo utk eye liner ga berani, takut serbuknya masuk ke mata heheee..
Komen Blog fennibungsu.com
Eka Rahmawati mengatakan…
Kalo buat contour, highlighter sama blush on saya udah pernah nyoba mbak. Tapi kalo bikin eyeliner, sama lip color dari eyeshadow belum pernah. menarik juga insightnya. Next mau coba aah
Komen Blog fennibungsu.com
ginanelwan mengatakan…
aku kudu pake eyeshadow kalau mo pergi2, apalagi mau ke kntr krn mnurutku eyeshadow menunjang penampilan aku
Komen Blog fennibungsu.com
Muliaendri mengatakan…
Baru tahu detail manfaatnya, biasanya pakai eyeshadow cuma buat bikin kelopak berwarna haha
Komen Blog fennibungsu.com
mardanurdin.com mengatakan…
Sudah lama tidak pakai.eye shadow, sekalipun ke acara pesta. Padahal dulu suka pakai, tapi seiring dengan usia yg bertambah, makin tidak pede.
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku baru-baru ini nonton varshow The Influencer di Netflix dan salah konten kreatornya adalah beauty vlogger yang uda veteran banget. Jadi dia kasih tutorial banyak make up agar terlihat berbeda. Yang ia tunjukkan saat itu adalah "Bagaimana menjadi gadis kaya ala Gangnam Style."

Wow dan ini juga pengaruh dari eye shadow yang sesuai untuk memberi kesan "elegan" dan mewah.
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini