Sembilan Cara Merawat Mesin Bus Tetap Optimal

Apakah kamu sedang berbisnis bus atau tertarik untuk memiliki usaha di bidang kendaraan besar ini? Tentunya sebelum memutuskan perlu untuk mengenal bagaimana perawatan mesin bus, agar ketika bisnis dijalankan sudah memahaminya dengan baik. 

bagaimana cara merawat mesin bus antar kota

Apik dalam merawat mesin bus dapat bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman, baik kepada penumpang maupun juga petugas bus seperti supir dan kernet (asisten supir). Selain itu, untuk kondisi busnya sendiri juga bisa memperpanjang usia bus, sehingga lebih lama digunakan. 

Oleh karena itu, menjaga agar mesin bus tetap dalam performa terbaiknya wajib dilakukan, melalui langkah berikut ini: 

1. Cek Pelumas 

Perhatikan pelumas pada bus secara berkala, misalnya pada bagian mesin, transmisinya, dan juga bagian suspensi, sebab pada bagian-bagian tersebut kerap terjadi gesekan antar komponen mesin. Bila sistem pelumasan tidak baik dilakukan, maka mesin bus tidak dapat bekerja secara optimal. 

2. Rutin Ganti Oli

Tidak hanya mesin motor dan mesin pada mobil saja yang membutuhkan untuk ganti oli, bus pun juga perlu. Setidaknya setiap enam bulan sekali atau menyentuh 15.000 kilometer, ganti oli bus harus rutin dilakukan. 

3. Pemeriksaan pada Mesin Bus

Cek mesin bus secara berkala dan dengan ketelitian. Usahakan hal ini dilakukan sebelum melakukan perjalanan, misalnya dengan mendengarkan suara mesinnya apakah ada suara aneh, lalu periksa juga bagian v-belt dan tangka oli yang memiliki pengaruh pada kinerja mesin bus. 

bagaimana cara merawat mesin bus antar kota
ilustrasi bus dari freepik

4. Periksa Understeel

Pemeriksaan understeel adalah hal yang penting dilakukan demi keselamatan berkendara. Pada bagian ini memiliki banyak komponen yang perlu diperiksa contohnya sistem rem, ketebalan pada kampas rem, spooring, hingga suspensi.

Baca Juga: Apa Saja Bagian Interior Kendaraan yang Penting?

5. Cek Bagian Transmisi dan Gardan

Komponen penting yang jangan sampai dilewatkan untuk dirawat adalah bagian transmisi dan gardan, karena sebagai sistem penggerak bus. Hal yang yang perlu di cek pada bagian ini seperti gardan, propeller shaft, dan lain-lain. 

6. Filter Udara Mesin yang Perlu Diperhatikan

Nah, perawatan bus yang tidak boleh terlupakan selanjutnya adalah filter udara. Debu maupun kotoran bila sudah tebal bisa menghambat kinerja mesin bus. Pembersihan filter udara harus apik dilakukan. 

bagaimana perawatan mesin bus yang tepat
ilustrasi terminal bus (dok. freepik)

7. Cek Bagian Sistem Kelistrikan

Untuk bus yang kerap melakukan perjalanan di malam hari, seperti Bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP), pastinya membutuhkan kondisi penerangan yang baik. Pengecekan sistem kelistrikan seperti lampu-lampu pada bus harus dipastikan dalam kondisi baik.  

8. Sistem Pendingin

Cuaca di jalan raya adakalanya panas dan terik. Apalagi kondisi pada bagian mesin bus yang ketika melakukan perjalanan ternyata kondisinya panas, maka bisa juga terpengaruh dengan kondisi di luar bus. Oleh karenanya, memastikan sistem pendingin sangatlah penting dengan memeriksa radiator dan air pendingin, sehingga meminimalisir terjadinya overheat. 

9. Periksa Bagian Ban

Pada bagian ini, bisa dikatakan berlaku sama dengan kendaraan lain pada umumnya, yaitu pemeriksaan bagian ban. Pasalnya bila kondisi karet ban gundul, maka dapat membahayakan siapa saja, khususnya bila sedang melintas di jalan yang licin atau saat hujan turun. 

tips merawat mesin bus tanpa ribet
ilustrasi dari freepik

Baca Juga: Tips Membuat Resolusi Otomotif

Jaga Mesin Bus Tetap Optimal

Keberadaan bus sebagai transportasi publik menjadi salah satu alternatif menarik, bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat. Apalagi perubahan teknologi yang semakin maju, memberikan dampak positif untuk perkembangan bus menunjukkan inovasinya dari masa ke masa. Oleh karena itu, perawatan mesin bus dengan cermat akan memberikan performa kendaraan lebih optimal.

25 komentar

Komen Blog fennibungsu.com
kelana mengatakan…
Perawatan mesin bus perlu dilakukan secara berkala, karena berkaitan juga dengan keselamatan di perjalanan
Komen Blog fennibungsu.com
Ulihape mengatakan…
penting ini diperhatikan baik juga buat kita yang nyewa biar tahu apa saja yang kita tanyakan ya, soalnya masih sering nih nyewa bus buat beberapa acara. Makasih informasinya mbak
Komen Blog fennibungsu.com
Lintang mengatakan…
Penting banget melakukan maintenance pada bus, apalagi melakukan pengecekan berkala untuk meningkatkan performa bus. Karena biasanya kalau naik bus kan untuk perjalanan jarak jauh. Periksa bagian ban juga apalagi kalau musim hujan kan suka licin.
Komen Blog fennibungsu.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Sebenernya ga terlalu jauh beda ama perawatan mobil juga yaa. Cuma krn bus lebih besar, jadi part yg dicek juga lbh banyak.

Wajar biaya pun lbh besar pasti, yg ngaruh ke harga tiket busnya. Pantes aja ada beberapa bus yg sering terlibat kecelakaan hanya krn rem blog lah, ban pecah dll. Pasti perawatannya aja ga bener :(
Komen Blog fennibungsu.com
Dyah happydyah[dot]com mengatakan…
Pernah nungguin bis datang yang bawa motor dan ternyata busnya sedang trouble. Ketauan banget tidak melakukan maintenance. Padahal bisnya tiap hari dipake jarak jauh, wajib banget melakukan perawatan secara teratur
Komen Blog fennibungsu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Bus merupakan alat transportasi umum yg selalu jadi andalan. Harus banget nih pemilik bus memperhatikan perawatan busnya biar bus tetap laik jalan sehingga meminimalkan laka lantas.
Komen Blog fennibungsu.com
dailywife@gmail.com mengatakan…
Setiap tahun, sepertinya ada saja berita kecelakaan bus yang membawa rombongan wisata. Itu sellalu jadi berita yang memilukan karena rombongan biasanya punya hubungan, entah itu pertemanan atau keluarga. Dari investigasi sering ditemukan penyebabnya adalah bus yang kurang dirawat dengan baik. Sudah gitu, tetap lolos uji kelayakan... Ahhhh entahlah...
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Cakeep ka Fenni menuliskan mengenai perawatan mesin bis secara mendetil.

Aku kemarin pas mudik cobain naik sleeper bus dan seneeeng pissaan..
Buat menentukan naik bis mana ((karena di Bandung pilihannya gak sebanyak Jekarda)) aku nontonin konten youtube yang ngereview sleeper bus.

Gak sampai detil ke mesinnya siih..
Cuma interior, tipe bis sampai fasilitas yang ditawarkan.
Komen Blog fennibungsu.com
Mirna mengatakan…
Betul ya mba, banyak kasus laka untuk Bus bisa jadi karena perawatannya ga sesuai padahal itu hal pertama yang harus diperhatikan, bagus nih postingannya supaya orang aware dengan merawat bus
Komen Blog fennibungsu.com
Ria Nugros mengatakan…
Bus transportasi andalan untuk saya yang tidak bisa naik motor hehe. Memang sebaiknya Bus selalu dijaga perawatan rutin, agar umur Bus bisa lebih lama yaa, penumpang jadi lebih nyaman
Komen Blog fennibungsu.com
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Perawatan bus memang harus dilakukan secara berkala ya, Mak? Tetanggaku ada yang punya bus, tapi sering banget rusak dan bentar2 harus ke bengkel. Akhirnya dijual sih. Bus memang butuh perawatan lebih ekstra ya...
Komen Blog fennibungsu.com
Aisyah Dian mengatakan…
Perawatan bus memang sangat pentingnya apa lagi ini menyangkut kepentingan orang banyak ya
Komen Blog fennibungsu.com
Utie Adnu mengatakan…
Sebenarnya perawatannya hampir sama dengan mobil pribadi ya mba,,, ini bus lebih rentan lagi dan harus aware karena membawa penumpang jadi perawatannya harus ekstra seperti yg sudah disebutkan diatas
Komen Blog fennibungsu.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Ini nih yang mesti rutin dilakukan oleh para pemilik bus dan juga sopir bus ya. Biar bus selalu dalam keadaan prima. Soalnya mencegah kecelakaan dan menjaga keselamatan perjalanan dengan bus mutlak dilakukan. Biar penumpang juga bisa tenang. Semoga para pemilik bus dan sopir bisa selalu aware dan menerapkannya. Biar kecelakaan bus tidak terjadi lagi. Aamiin.
Komen Blog fennibungsu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Dengan kondisi mesin bus yang selalu terawat, maka penumpang akan merasa lebih aman saat menumpang di bus tersebut. Apalagi dengan kondisi tempat penumpang yang nyaman. Wuih, betah dah kemana-mana naik bus.
Komen Blog fennibungsu.com
Siska Dwyta mengatakan…
Apalagi yang punya usaha kendaraan bus ini emang kudu ekstra melakukan perawatan ya biar kondisinya tetap prima. Nah pastinya tips yang dijelaskan di atas sangat bermanfaat
Komen Blog fennibungsu.com
Eka FL mengatakan…
penting banget sih ini merawat mesih bus, apalagi bus-bus yang emang setiap hari beroperasi tanpa henti ya. skip soal perawatan bisa membahayakan penumpang
Komen Blog fennibungsu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Benar sekali ini. Kondisi bisa harus selalu diperhatikan karena menyangkut nyawa sopir, kenek, dan para penumpang. Lagipula kalau bisa terawat, maka akan terus beroperasi dan pastinya mendapatkan penghasilan.
Komen Blog fennibungsu.com
Emma Malika mengatakan…
Ini salah satu kunci utama yang dilihat oleh customer yaitu kesehatan bus yang akan dikendarai. Karena banyak orang yang senang menikmati setiap momen dalam perjalanan.

Jadi pemeliharaan bus secara berkala sangat penting untuk menjaga keselamatan pelanggan.






Komen Blog fennibungsu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Baca tentang perawatan bus, jadi inget peristiwa tragis yang menimpa anak-anak sekolah akibat pemiliknya lalai
Padahal seperti tubuh manusia yang digunakan terus menerus, bus sebagai kendaraan juga perlu perawatan
Komen Blog fennibungsu.com
Shyntako mengatakan…
Bagus nih Fen tipsnya buat para pemilik bus dan PO Bus bisa lebih memperhatikan kelayakan unitnya biar aman dan nyaman utk penumpang dan penggyna jalan lainnya
Komen Blog fennibungsu.com
Merawat mesin bus itu penting banget loh, agar kondisi bus lebih stabil dan nggak ada masalah ketika di jalan.
Seperti yang sering kita liat banyaknya kecelakaan bus itu, selain faktor supir bus ngantuk dan ga fit, juga faktor kondisi bus itu sendiri
Komen Blog fennibungsu.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau melihat bus itu auto kagum karena transportasi yang mampu mengangkut banyak orang sekaligus dan badannya besar, terlihat kokoh. Jadi perawatannya kudu detail, apalagi bus sering digunakan untuk jarak tempuh yang jauh.
Komen Blog fennibungsu.com
Rika Widiastuti Altair mengatakan…
Perawatan bus sangat penting diperhatikan karena hal ini menyangkut keselamatan bersama. Penting juga buat PO bus memerhatikan usia kelayakan angkutannya agar nyaman dibawa.
Komen Blog fennibungsu.com
Pida Alandrian mengatakan…
Kalau diperhatikan perawatannya nggak jauh beda juga ya sama perawatan mobil pribadi.. Btw thanks mba untuk informasinya, ini bisa jadi untuk acuan saat kita mau menggunakan jasa bus untuk rombonga, dan mungkin ini bisa jadi prtanyaan dasar kali yaa sekaligus ngecek keamaan busnya
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini