Personality Blogger: Bersosialisasi dengan Etika dan Etiket Bisnis

cara bersosialisasi dengan etika dan etiket bisnis

Perlukah bersoalisasi dengan etika dan etiket bisnis? Apakah kamu seorang blogger atau hendak menjadi blogger? Hemm, blogger memang menjadi salah satu profesi yang terbilang unik. Kalau ditanya di mana kantornya, bisa dikatakan WFA, work from anywhere. Di mana saja blogger bisa bekerja. Sehingga pekerjaan ini, bisa menjadi pilihan untuk site job, maupun pekerjaan utama. Apalagi untuk kamu yang tipenya adalah introvert, menjadi blogger pasti mengasikkan.

Blogger Perlu Memiliki Social Skill 

Meski demikian, seorang blogger juga perlu bersosialisasi. Ya kan nggak mungkin, bekerja sendiri. Sebab networking, pasti diperlukan agar peluang job yang didapatkan makin terbuka lebar. Oleh karena itu, perlu bersosialisasi dengan pendekatan yang apik. Nah pas banget ini temanya yang saya ikuti yaitu kolaborasi Duta Bangsa bersama Komunitas ISB dalam acara “Personality Development for Blogger – Narrative for Success”

Apa dan perbedaan antara etika dan etiket
sumber slide presentasi Bapak Rudi - Duta Bangsa

Pak Rudi Hilman, selaku Direktur Pengembangan Program di Duta Bangsa menerangkan bahwa bila ingin sukses dalam bisnis, 85% diperlukan sosial skill, dan 15%-nya adalah teknikal skill. 

Sosial skill ini mengapa dibutuhkan? Pasalnya dalam kehidupan ini, kita tidak akan bisa hidup sendiri. Pasti bersosialisasi, berkenalan, dan berkomunikasi. Dari sini, akan muncul yang namanya kepribadian diri. Apalagi kita sebagai pekerja, khususnya blogger yang memiliki hubungan kerjasama dengan komunitas, dan juga jenama perusahaan atau klien, sosial skill amat dibutuhkan. Lalu bagaimana membangun personality development untuk Blogger? 

Membangun Personality untuk Blogger dengan Etika dan Etiket

Cara memiliki personality development bagi blogger, bisa dilakukan melalui etika dan etiket bisnis. Yups, cara tersebut mengapa menjadi ke hal bisnis, karena dalam pekerjaan sebagai blogger, kita akan berhubungan dengan klien maupun mewakili nama sebuah perusahaan atau komunitas, sehingga etika dan etiket jadi kuncinya. 

1. Apa Itu Etika dan Etiket?

Etika adalah falsafah moral dan cara hidup yang benar baik dari sisi budaya, susila, dan agama yang sifatnya absolut. Misalnya menggunakan fasilitas kantor seperti telepon untuk menelepon orang yang bukan berkaitan dengan pekerjaan, ini berarti tidak beretika.

Sedangkan etiket, adalah tata cara pergaulan yang bisa berubah sesuai waktu, lokasi atau situasinya. Contohnya bersendawa, ada satu tempat yang mungkin menganggapnya lucu, tetapi pada tempat berbeda bisa dianggap tidak sopan.

2. Fungsi Etika dan Etiket

Dengan adanya etika dan etiket ketika blogger berinteraksi dengan suatu lembaga atau klien, maka dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, saling menghargai satu sama lain, efisiensi kerja pun meningkat, serta citra pribadi (sebagai blogger) dan lembaga meningkat. 

cara meningkatkan personality blogger
blogger bisa bekerja dari mana saja (dok. fennibungsu.com)

3. Etika dan Etiket dalam Berbisnis

Pastinya kita sering berinteraksi dengan siapa saja. Entah itu keluarga, teman, maupun lingkungan. Begitupula halnya dalam dunia pekerjaan maupun bisnis, interaksi yang baik perlu dibangun dengan baik. Seperti pepatah yang mengatakan, “Semua bermula dari kesan pertama”. Oleh karenanya membangun kesan pertama bisa dimulai dari interaksi pertama kali, dengan cara:

  • Saat berjabat tangan upayakan adanya senyuman, tubuh sedikit condong ke depan, dan adanya kontak mata. Jadi jangan sambil salaman, eh pandangan matanya ke mana tahu, apalagi melengos pula wajahnya..hemm, jangan ya gaes!

  • Kala berkenalan dengan orang baru, maka ucapkan nama kita dengan jelas. Jangan melakukan perkenalan di tempat umum (ya kan jangan SKSD berlebihan di area publik), tidak perlu terlalu lama menatap mata. Usahakan ketika berkenalan kitanya dalam posisi duduk, maka berdirilah sejenak ketika perkenalan itu terjadi. 

  • Begitu juga dalam hal memperkenalkan orang lain, dengan cara panggil yang lebih tua atau yang lebih senior dulu, baru orang keduanya, misalnya “Kakak, perkenalkan ini calonnya Fenni Bungsu”, eh ini lain kisah hihi.

  • Ketika terjadi perkenalan bisnis, umumnya kita akan bertukar kartu nama. Cara apiknya yaitu pegang kartunya dengan kedua tangan dan bagian tulisannya menghadap kepada orang yang diberikan kartunya. Lalu yang menerima membaca dulu kartunya, jangan langsung disimpan kartunya pas kitanya masih ngobrol dengan orangnya. 

Cara memberikan kartu nama kepada orang lain
sumber slide presentasi Bapak Rudi - Duta Bangsa

Terapkan Etika dan Etiket sebagai Pondasi Bersosialisasi

Dengan pemahaman yang tepat ketika bersosialisasi dalam dunia pekerjaan sebagai blogger, maka penggunaan etika dan etiket bisa menjadi pondasinya. Hal ini juga bisa diterapkan pada profesi apapun. Sebab social skill yang cerdas dapat membangun personality kuat. 

Kamu yang ingin memperdalam tentang personality atau skill lainnya, bisa kolaborasi bareng Duta Bangsa. Bisa kepoin akun instagramnya @duta_bangsa atau websitenya www.dutabangsa.co.id. Duta Bangsa yang telah berdiri semenjak tahun 2001 ini, merupakan bagian dari PT CT Corpora (Chairul Tanjung Corpora), dan memiliki program kelas andalannya seperti: 

  • Individual program: untuk umum yang bisa mengikuti beragam pelatihan di Duta Bangsa
  • Corporate program: pelatihan untuk karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaannya
  • Special activity: untuk komunitas atau perusahaan yang ingin mengadakan gathering, seminar, public class.

cara meningkatkan personality dengan etika dan etiket

Dari webinar yang saya ikuti ini, menjadi arahan sekaligus pengingat diri, untuk menerapkan social skill. Kapan, dan di mana saja, serta tatkala berkenalan dengan orang baru maupun yang sudah lama mengenal, penerapan etika dan etiket ini bisa menjadi panduannya. 

Selalu semangat berkarir sesuai passion-mu. Terapkan kemampuan yang dimiliki, terus belajar dengan personality kuat sebagai blogger. Sebab kalau bukan kita sendiri yang melakoninya, maka siapa lagi ya, kan? 

34 komentar

Yuk, komen terbaikmu. Jangan menyisipkan link ya, karena akan daku hapus dan tidak berkunjung balik
  1. Benar sekali. Meskipun di dunia digital, tapi blogger tetap wajib menjaga etika. Sesimpel ngasih komentar dalam postingan pun.

    BalasHapus
  2. memang dalam dunia blogger sering banget ketemu orang-orang baru yaa dan wajib menerapkan etika serta etiket ini biar silaturahim jalan teruuss, terimakasih remindernya mba Fen

    BalasHapus
  3. meskipun ngeblog fokusnya di dunia maya, tapi memang perlu bersosialisasi sesama blogger, etika perlu diterapkan agar nggak ada perselisihan

    BalasHapus
  4. wah baca kayak gini jadi tergelitik, harus selalu upgrade ilmu nih biar enggak ketinggalan dengan yang lain. pesaingan makin panas euy

    BalasHapus
  5. Tak cuma nulis artikel ya, blogger pun wajib punya etika dan etiket baik bila ingin berhasil. Terima kasih untuk sharingnya.

    BalasHapus
  6. Ini jadi pengingat buat saya pribadi untuk selalu berusaha meningkatkan kempuas sosial skill saya, apa lagi saya punya muka yang bisa dibilang jutek

    BalasHapus
  7. etika dan etiket ini hal yang simpel tapi kadang ada yang melupakannya yaa. Makasih mba sharingnya jadi pembelajaran diri saya juga nih

    BalasHapus
  8. Aha jadi itu bedanya etika dan etiket. Selama ini pahamnya cuma yang etika aja. Kalau yanh etiket beneran baru tahu dari artikel ini. Thanks ilmu barunya Kak.

    BalasHapus
  9. Sepakat banget sama Kak Fenni yang kita tuh nggak bisa bekerja sendiri. Apalagi kalau jadi blogger (termasuk pekerjaan di bidang literasi atau kreatif lainnya) soalnya akan selalu ada saling dukung dan kolaborasi yang dibutuhkan. Etika sama etiket gini bukan harus lagi, tapi memang penting banget deh Kak.

    BalasHapus
  10. Meskipun kerjanya online, tetap harus menjaga etika dan etiket buat blogger. Terutama kalau saat mengerjakan job. Wajib perhatikan deadline dan brief

    BalasHapus
  11. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Jadi memang perlu bersosialisasi dengan orang lain, termasuk membutuhkan bantuan orang lain. Dan saya merasakan, dengan banyak teman, pintu rezeki saya semakin terbuka, plus ilmu juga bertambah. Dan memang hal utama adalah selalu menjaga etika, di profesi mana pun, termasuk di dunia blogger.

    BalasHapus
  12. Walau kerja di balik layar, tapi blogger juga harus punya social skill, supaya koneksi makin luas, plus bisa jaga etika dan etiket sebaik²nya.

    BalasHapus
  13. Sosialisasi dalam dunia digital itu memang penting. Profesi blogger juga memang harus menjaga etika dan etiket. Semoga aku selalu berada di jalan yang benar. Amin

    BalasHapus
  14. Menurutku tidak hanya blogger saja tetapi semuanya juga perlu sich mempunyai etika dan etiket dalam bersosialisasi.

    BalasHapus
  15. Betul sekali ka, apalagi blogger juga sering mengadakan liputan atau datang ke suatu event jadi etika maupun etiket harus kita terapkan.

    BalasHapus
  16. Penting bgt ya kak social skill blogger ini. Kita ga cmn bs jago nulis (krn aku baru th skill nulis ini hny 15%-nya). Ternyata ada social skill (yg ada etika dan etiketnya).

    Ga mudah jg loh jd blogger yg pny etika dan etiket ini. Krn ga jrg ada blogger tp kelakuannya duh bikin tepok jidat dan ngelus dada deh.

    Ini jd pembelajaran buat kita smua ya kak.

    BalasHapus
  17. Jadi reminder nih buat diri kita sendiri untuk selalu menjaga etika dan etiket kapan saja dan dimana saja. Sebenarnya ga cm blogger aja, ini berlaku untuk semua profesi dan orang yg masih butuh bersosialisasi.

    BalasHapus
  18. Setuju
    Menjadi blogger yang baik tidak hanya modal skill menulis saja
    Tetapi juga harus punya etika yang baik ya kak

    BalasHapus
  19. Selama ini saya menyamakan antara etika dengan etiket
    ternyata pengertiannya berbeda ya
    Thank Mbak, tulisannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. Benar. Karena blogger juga bekerja sama dengan orang lain untuk mendapatkan penghasilan. Makanya kemampuan bersosialisasi juga harus dimiliki. Tak perduli misalkan bloggernya introvert. Kayak aku. Hehehe

    BalasHapus
  21. Menurutku sih, Dengan menunjukkan perilaku yang profesional dan sopan, Anda dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan orang lain. Hal ini penting untuk menjalin hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

    BalasHapus
  22. Harus banget sih punya etika dalam bisnis gini ya kak. biar langgeng kerjasamanya dan ngga bikin orang lain rugi jugaa., apalagi kalo blog kan tulisannya abadi tuh jejak digitalnya wwekekeke

    BalasHapus
  23. Etika dan etiket sebagai bagian dari pendidikan karakter tentu saja harus dimiliki semua orang. Khususnya WNI yang terkenal dengan budaya timur nya.
    Belajar terus ga ada batasannya ya, termasuk belajar bareng mereka mentor yg ahli di bidangnya

    BalasHapus
  24. Wah, makasih pengingatnya Kak Fenni.
    Meski bekerja di ranah digital, seorang blogger tetap harus menjunjung tinggi penerapan etika dan etiket dalam berinteraksi, ya.

    BalasHapus
  25. Memang benar, menjaga etika dan etiket dalam dunia blogging itu penting banget, apalagi kalau sudah berurusan dengan bisnis. Bikin kita jadi lebih profesional dan dipercaya banyak orang.

    BalasHapus
  26. Penting banget ya memegang etika dan etiket bagi blogger. Karena meskipun karyanya menulis, blogger juga pasti dan harus untuk blogger berinteraksi dengan pihak lain bisa dengan sesama blogger, bisa juga dengan brand/klien.

    BalasHapus
  27. Penting banget ya memegang etika dan etiket bagi blogger. Karena meskipun karyanya menulis, blogger juga pasti dan harus untuk blogger berinteraksi dengan pihak lain bisa dengan sesama blogger, bisa juga dengan brand/klien.

    BalasHapus
  28. Dimanapun, jika berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis. Etika dan etiket wajib diperhatikan, biar tidak menimbulkan perselisihan.

    BalasHapus
  29. Menjadi blogger atau lebih dikenal sebagai aktivitas blogger memang harus memperhatikan benar soal etikat dan etiket. Kalau blogger senantiasa harus memastikan keduanya layaknya profesi lainnya

    BalasHapus
  30. Etika ni penting banget ya, baik secara personal maupun berbisnis. Begitu pun dalam bisnis blogger ya. Kalo semua bisa menerapkan etika bisnis dengan baik, industri harusnya bisa terjaga sih

    BalasHapus
  31. Setuju bgt nih, meski gak ketemu kerja bareng langsung tp tetep harus jaga silahturami yg baik dg beretika baik ya

    BalasHapus
  32. Etika memang salah satu faktor penting yang harus kita tegakkan, dengan siapapun kita berinteraksi. Apalagi klo urusannya terkait dengan pekerjaan yaa... khususnya di sini untuk blogger, kesan pertama dan cara menjalankan tugas yang diberikan oleh brand itu bakalan jadi catatan tersendiri. Kalau berkesan dan bagus kerjanya, bakalan diangkut terus nih ntar klo ada job2 berikutnya

    BalasHapus
  33. setuju sih, bloger tuh juga butuh social skill. selain interaksi online, bloger kan juga sesekali kopdar komunitas, meetup di event brand gitu ^^

    BalasHapus
  34. Setuju kak, profesi apa pun, termasuk blogger emang harus tetap beretika dan beradab. Apalagi di era digital. Social skill yang baik mesti diasah supaya bisa membangun kerja sama yang baik juga dengan orang lain.

    BalasHapus
Mengenai Saya
Fenni Bungsu
Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��
Cari Blog Ini
BPN
BPN
Logo Komunitas BRT Network
Bplus
Bplus
Bloggerhub
Bloggerhub
KEB
KEB
MBC
MBC
KSB
KSB
Intellifluence
Intellifluence
Postingan Terpopuler Tahun Ini